PGI Kecam Pungli di TPU Cikadut Bandung: Bertentangan dengan Kemanusiaan

-

Jakarta

Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengecam tindakan pungli di pemakaman khusus COVID-19 TPU Cikadut, Bandung, Jawa Barat. PGI menilai perilaku oknum petugas pemakaman bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

“Perilaku petugas pemakaman sangat bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan. Terutama di saat seruan solidaritas sedang giat dikumandangkan oleh pemerintah dan semua pemuka agama untuk menanggulangi pandemi COVID-19,” ujar Humas PGI, Philip Situmorang dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/7/2021).

Philip turut mengapresiasi sikap tanggap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri yang melakukan penindakan tegas terhadap pelaku pungli. Philip berharap kasus tersebut tidak terulang di wilayah Jawa Barat mau pun di wilayah lainnya.

“Hendaknya seluruh elemen masyarakat dijauhkan dari tindakan tidak bermoral untuk mencari untung atau keselamatan sendiri di tengah bencana kemanusiaan yang dahsyat ini,” ujar Philip.

Lebih lanjut, Philip meminta agar pemerintah dapat memperketat pengawasan dan memperkuat edukasi serta literasi terkait hak-hak dan kewajiban bagi warga korban COVID-19. Selain itu, Philip juga meminta agar tidak ada diskriminasi di setiap rumah sakit saat melayani pasien.

“Di antaranya, pembiayaan penanganan pasien dan korban COVID-19 yang sepenuhnya disubsidi pemerintah,” tutur Philip.

“Supaya semua pelayanan RS dan pemakaman serta fasilitas layanan pasien COVID-19 dilakukan tanpa diskriminasi berdasarkan suku, agama dan ras,” imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments