Jokowi Berduka: Jejak Rachmawati Soekarnoputri Ada di Berbagai Bidang

-

Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berduka atas meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri. Tokoh nasional putri Sukarno itu disebutnya mempunyai catatan baik di banyak bidang kehidupan.

“Innalilahi wa inna ilaihi rajiun. Saya dan keluarga berduka cita atas berpulangnya Ibu Hj Rachmawati Soekarnoputri, hari ini di Jakarta dalam usia 70 tahun,” kata Jokowi lewat akun Instagram resminya, Sabtu (3/7/2021).

Adik dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri itu telah meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto pada pagi tadi. Banyak hal baik telah diamalkan Rachmawati. Jokowi mengakuinya.

“Almarhumah adalah tokoh yang jejak hidupnya terentang di berbagai bidang, dari dunia pendidikan, sosial, hingga politik. Semoga almarhumah mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan kesabaran,” tutur Jokowi.

Jenazah putri Proklamator Sukarno, Rachmawati Soekarnoputri, tiba di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus). Foto: Luqman Nurhadi Arunanta

Rachmawati telah dikebumikan di TPU Karet Bivak, di samping makam ibundanya, Fatmawati. Proses pemakaman menggunakan protokol COVID-19.

Di ranah aktivisme politik, sosial, dan pendidikan, Rachmawati pernah menjadi Ketua Gerakan Pemuda Marhaen (GPM), Pengurus Yayasan Bung Karno, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno. Rachmawati juga mendapatkan gelar Doktor Honoric Causa dari Universitas Kim Il Sung, Korea Utara.

Dalam kepartaian, Rachmawati sempat mendirikan Partai Pelopor (2002-2012). Selanjutnya, dia masuk Partai NasDem (2012-2014), dan terakhir tokoh nasional ini berlabuh di Partai Gerindra hingga tutup usia.

(dnu/dnu)

Share this article

Recent posts

Gempa M 4,3 Terjadi di Jayapura Papua

Gempa bumi terjadi di Jayapura, Papua. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,3. Gempa tersebut terjadi pada Senin (27/9/2021) pukul 00.01 WIB. Gempa tersebut berada di kedalaman 2 km.

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Popular categories

Recent comments