Gandeng UT, MPR Bakal Pecahkan Rekor Peserta Sosialisasi 4 Pilar Terbanyak

-

Jakarta

MPR RI bersama ESQ Leadership Center dan Universitas Terbuka (UT) berencana menggelar berbagai kegiatan dalam menyambut HUT ke-76 Indonesia. Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkapkan, kegiatan pertama adalah mengembangkan modul 4 Pilar MPR agar materi yang disampaikan dalam setiap Sosialisasi 4 Pilar MPR bisa menarik dan interaktif.

Sehingga, kata dia, metode yang disampaikan tidak hanya ceramah tatap muka, melainkan juga dengan cara-cara menarik, termasuk menggunakan kuis.

“Kedua, pada Agustus 2021 MPR RI bersama ESQ Leadership Center akan menyelenggarakan Kirab Remaja 4 Pilar MPR RI, melibatkan pelajar SMA dari berbagai provinsi, dari Sabang sampai Merauke. Sekaligus juga menyelenggarakan Kirab Mahasiswa 4 Pilar MPR RI, melibatkan mahasiswa dari berbagai provinsi, dari Sabang sampai Merauke. Penyelenggaraannya dilakukan secara luring dari Menara ESQ, dan daring dari berbagai wilayah Indonesia. Menjadi simbol dan momentum untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda pewaris masa depan bangsa,” lanjut Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (16/6/2021).

Ketua DPR ke-20 ini menambahkan, agenda ketiga adalah menyelenggarakan Sosialisasi 4 Pilar MPR terhadap 300 ribu mahasiswa dan civitas akademika UT. Agenda itu, menurut Bamsoet, untuk memecahkan rekor MURI sebagai sosialisasi 4 Pilar dengan peserta terbanyak.

“Melalui kerja sama MPR RI dengan ESQ, materi 4 Pilar MPR RI akan turut mengelaborasi Tujuh Budi Utama ESQ, yang terdiri dari nilai jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerja sama, adil, dan peduli. Tujuh Budi Utama tersebut merupakan karakter penting yang ditanamkan pada setiap alumni ESQ, serta terbukti telah membawa perubahan positif bagi setiap alumni ESQ,” tegas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menerangkan, Tujuh Budi Utama ESQ tersebut akan menjadi solusi untuk menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia. Bamsoet mencontohkan korupsi karena kejujuran yang tidak diangkat tinggi, tugas yang terbengkalai karena masalah tanggung jawab tidak dipentingkan, perpecahan yang terjadi karena tidak adanya rasa persatuan, serta berbagai pelanggaran lainnya karena kedisiplinan yang lemah.

“Melalui kolaborasi MPR RI dengan ESQ, kita akan membangun sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Melalui penguatan kecerdasan intelektual (intelligence quotient/IQ), kecerdasan emosional (emotional quotient/EQ), kecerdasan spiritual (spiritual quotient/SQ), serta kecerdasan kebangsaan (national quotient/NQ),” pungkas Bamsoet.

(mul/ega)

Share this article

Recent posts

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Banjir Bandang, Pemkab Tetapkan Darurat Bencana Minahasa Tenggara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut), menetapkan status darurat bencana. Hal ini menyusul kejadian banjir bandang yang melanda dua kecamatan di daerah itu. "Melihat dampak dari banjir bandang ini, kami dari Pemkab Minahasa Tenggara menetapkan status darurat bencana," kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap seperti dilansir Antara, Selasa (21/9/2021).

8 Remaja yang Hendak Tawuran di Bogor Diamankan Polisi, Sajam Disita

Dua kelompok remaja yang menamai diri 'Win Family' dan 'Enjoy Italy' hendak tawuran pada Sabtu (19/9) malam di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Belum sempat beraksi, kedua kelompok tersebut dibekuk oleh Tim Jaguar Polres Metro Depok.

Bakamla RI Jelaskan Situasi Laut Natuna Utara Saat Ini

Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengungkap situasi Laut Natuna Utara saat ini. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan situasi terkendali dan para pelayan tak perlu khawatir dalam berkativitas.

Popular categories

Recent comments