Effendi Simbolon: Puan Capres, Mas di Jateng Paling Menteri

-

Jakarta

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon mengatakan kemungkinan besar partainya bakal mengusung Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) 2024. Effendi seperti menyindir Ganjar Pranowo hanya akan sampai tingkat menteri.

“Realitanya di partai, saya melihat kemungkinan terbesar itu Puan (capres), kalau mas yang Jawa Tengah saya kira paling ya sampai tingkat nanti jadi menterilah,” kata Effendi dalam rilis daring survei Parameter Politik Indonesia, Sabtu (5/6/2021).

Effendi menyebut dalam internal partai ada aturan yang harus diikuti dalam mengusung capres. Anggota DPR RI Komisi I ini cenderung mendorong Puan Maharani berpasangan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Kita sebagai kader semua punya ambisi, kami juga aturan dan pakem juga, itulah mudah-mudahan kombinasi Puan-Anies masih akan berlanjut, lihat nanti episode berikutnya,” ujar Effendi.

Effendi menilai duet Puan-Anies merupakan kombinasi yang pas. Dia juga melempar kepada Puan untuk bisa siap didorong jelang pemilihan presiden 2024.

“Dari PDIP yang paling mumpuni saat ini ya Puan Maharani. Ini tinggal mbak Puan siapkah, mau istilah teman saya Mas Pacul itu di-racing untuk masuk dalam track menuju 2024,” ucap Effendi.

Effendi menilai publik tidak boleh terburu-buru menilai sosok Puan. Menurutnya, Puan masih bisa menunjukkan hal yang lebih untuk kontestasi di 2024 nanti.

“Kalau saya kenapa ngotot mengusulkan Puan dan kombinasi dengan Anies, ini luar biasa. Mas Anies itu intelektual, akademisi, tenang, didukung mayoritas masyarakat religius. Kemudian Puan yang perempuan, kadang Puan kekakuannya karena terbebani jadi Ketua DPR, sebenarnya enjoy saja, jalan saja menjadi dirinya sendiri. Kita lihat saja, masa tak kenal maka tak sayang, masa membuat persepsi yang negatif ke Puan,” kata Effendi.

Sebelumnya, survei Parameter Politik Indonesia menempatkan Prabowo Subianto sebagai capres teratas untuk 2024 dengan elektabilitas 16,5%. Prabowo unggul dari Ganjar di posisi kedua (13,8%) dan Anies di posisi ketiga (12,1%).

(run/idh)

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments