KPK Usul Tambahan Anggaran, Romo Syafi’i Singgung BLBI-TWK

-

Jakarta

Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan usulan kebutuhan anggaran tambahan bagi KPK sebesar Rp 403 miliar dalam rapat bersama Komisi III DPR. Anggota Komisi III F-Gerindra Romo Syafi’i melontarkan kritik seputar tes wawasan kebangsaan (TWK) KPK.

Kritik itu disampaikan Romo saat rapat KPK dan PPATK di ruang rapat Komisi III, Kamis (3/6/2021), sekitar pukul 15.00 WIB. Romo awalnya meyakini penambahan anggaran sebetulnya sudah sesuai dengan yang diperlukan KPK.

“Soal permohonan penambahan anggaran, saya kira Fraksi Gerindra sangat meyakini Bapak-bapak benar-benar paham apa yang akan dikerjakan sehingga benar-benar paham berapa anggaran yang diperlukan. Karena itu menurut kami permohonan penambahan anggaran baik KPK dan PPATK itu bisa dimaklumi atau kita setuju,” ucap Romo.

Romo lantas berharap tambahan anggaran itu juga dibarengi dengan diwujudkannya visi dan misi KPK untuk menurunkan tingkat korupsi. Dia meminta hal itu benar-benar dilakukan.

“Tetapi kemudian yang kita inginkan seperti visi KPK bersama masyarakat menurunkan tingkat korupsi untuk wujudkan Indonesia maju dengan 4 misinya itu benar-benar dilaksanakan sesuai hukum,” ujarnya.

Kemudian Romo menyinggung SP3 kasus BLBI yang dilakukan oleh KPK. Tak hanya itu, menurutnya persoalan tes wawasan kebangsaan juga berpotensi menimbulkan pertanyaan dengan permintaan tambahan anggaran ini.

“Kenapa? Karena ada beberapa persoalan yang sekarang paling tidak jadi perhatian publik, tentang SP3 BLBI, soal TWK dan sebagainya ini kemudian menjadi pertanyaan dengan permohonan tambahan anggaran ini,” singgungnya.

Politisi Gerindra ini menyebut DPR berisiko masyarakat jika memberi tambahan anggaran. Dia menyebut akan timbul anggapan masyarakat DPR mendukung persoalan di KPK.

“Artinya kalau untuk program kami pahami, tapi bahwa kami ini berisiko juga di masyarakat seperti mendukung yang tidak seharusnya terjadi baik PPATK atau di KPK,” tuturnya.

(maa/gbr)

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments