Ditegur Menhub, KCI Tambah 6 Kereta Antisipasi Penumpukan Penumpang

-

Jakarta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegur PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) karena melihat adanya penumpukan di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. PT KCI memastikan akan mengantisipasi penumpukan penumpang sesuai arahan Menhub.

“KAI Commuter terus melakukan antisipasi layanan KRL Jabodetabek pada masa libur Lebaran ini. Antisipasi lebih lanjut juga dilakukan sesuai hasil dari kunjungan Bapak Menteri Perhubungan ke Stasiun Manggarai pada Jumat pagi (14/5) ini,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/5/2021).

Anne mengatakan, selama masa Lebaran 2021, KRL beroperasi terbatas. Mulai siang ini, lanjutnya, PT KCI akan menambah jadwal perjalanan KRL untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan.

“Selama masa Lebaran KAI Commuter beroperasi terbatas dengan jam operasional 04.00-20.00 WIB setiap harinya, menjalankan 886 perjalanan KRL. Untuk antisipasi kepadatan lebih lanjut, KAI Commuter mulai siang ini akan mengoperasikan setidaknya enam jadwal perjalanan kereta tambahan yang sebelumnya selama masa larangan mudik 6-17 Mei tidak dijalankan,” tuturnya.

Selain itu, kata Anne, pihaknya akan menambah petugas di stasiun untuk menertibkan protokol kesehatan. Dia memastikan, petugas akan dengan tegas mengatur penggunaan masker dan menjaga jarak.

“Petugas akan tegas mengatur penggunaan masker sesuai aturan dan mengupayakan jaga jarak diantara para pengguna. Penambahan petugas untuk menertibkan protokol kesehatan juga akan dilakukan di sejumlah stasiun yang berpotensi padat antara lain Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Bogor, serta Stasiun Bekasi,” kata Anne.

Lebih lanjut, Anne mengakui adanya peningkatan jumlah penumpang KRL di masa libur Lebaran ini. Dia mengungkapkan, di hari kedua Lebaran pada pukul 10.00 WIB, tercatat ada 70.906 penumpang KRL.

“Pada hari kedua Lebaran ini terlihat ada peningkatan jumlah pengguna yang memanfaatkan jasa layanan KRL, dan kebanyakan adalah para pengguna musiman. Hingga pukul 10:00 WIB pada 14 Mei ini tercatat 70.906 pengguna telah menggunakan jasa KRL,” papar dia.

Sementara, pada hari Lebaran kemarin, penumpang KRL mencapai 226.767 orang. Angka tersebut meningkat dari hari sebelumnya yang mencapai 212.373 orang.

“Sementara pada hari Lebaran pertama kemarin (13 Mei) total jumlah pengguna jasa KRL Commuter Line sepanjang hari tersebut adalah 226.767. Tren jumlah pengguna KRL yang turun juga sudah terlihat sejak satu hari sebelum Lebaran dimana jumlah pengguna KRL pada 12 Mei hanya 212.373 pengguna,” kata Anne.

(mae/bar)

Share this article

Recent posts

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Popular categories

Recent comments