COVID di Riau Melonjak, Ruang ICU-Isolasi Terisi Hampir 60%

-

Pekanbaru

Kasus COVID-19 di Riau masih belum terkendali sejak terjadi peningkatan satu bulan terakhir. Akibatnya, muncul lima klaster baru penyebaran COVID-19 di Bumi Lancang Kuning.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan sampai hari ini tercatat ada 46.617 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Tak hanya itu, kasus meninggal juga meningkat menjadi 1.155 orang.

“Rincian terkonfirmasi positif, untuk isolasi mandiri 4.212 orang, rawat di rumah sakit 925 orang, sembuh 40.325 orang. Bahkan ada 1.155 meninggal,” terang Mimi kepada wartawan, Kamis (6/5/2021).

Mereka yang positif, menurut Mimi, tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Riau. Dari angka tersebut, tercatat ada lima klaster penyebaran COVID-19 mulai dari lingkungan keluarga hingga kegiatan keagamaan.

“Untuk klaster hingga saat ini ada beberapa klaster. Pertama adalah klaster keluarga, perusahaan, klaster ABK yang berasal dari India, dan acara keagamaan. Termasuk ada klaster guru di Siak,” kata Mimi.

Akibat peningkatan kasus secara drastis di bulan Mei, Gubernur Riau Syamsuar sudah meminta penambahan ruang isolasi di RS dan ICU. Sebab, pemerintah harus siaga karena kasus terus meningkat.

“Ruang isolasi di RS rujukan Provinsi Riau, akibat terjadi peningkatan ditambah. Saat ini total 1.658 ruangan dan sudah terisi 58 persen. Ruang ICU (ada) 145 dan sudah terisi 59 persen. Tentu ini jadi perhatian kita semua agar tidak terjadi peningkatan kasus,” kata Mimi.

Terakhir, Pemprov Riau meminta seluruh daerah di Riau juga melakukan penambahan ruang isolasi mengingat kasus COVID-19 di Riau masih belum menunjukkan penurunan.

“Kami imbau masing-masing daerah untuk menyiapkan ruang-ruang yang dibutuhkan. Masyarakat juga mengikuti arahan terkait larangan mudik, penerapan prokes,” tutup Mimi.

Diketahui, pada Rabu (6/5) tercatat angka penambahan kasus mencapai 570 kasus baru. Sementara untuk kasus sembuh ada 571 orang dan 15 meninggal dunia hingga menempatkan Riau urutan ketiga nasional.

(ras/jbr)

Share this article

Recent posts

Terlalu! Kepsek di Bima NTB Diduga Cabuli 20 Siswi SD

Seorang kepala sekolah (kepsek) di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), berinisial HS dilaporkan ke polisi. HS diduga melakukan pelecehan seksual terhadap 20 orang siswi sekolah dasar (SD). Kasus ini pun saat ini tengah ditangani oleh Unit PPA Polres Kota Bima.

Megawati Dapat Profesor Kehormatan, Jokowi Puji Perjuangkan Wong Cilik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas pengukuhan gelar profesor Megawati Soekarnoputri. Jokowi memuji Megawati sebagai sosok yang memperjuangkan wong cilik. "Pertama-tama saya menyampaikan selamat kepada Ibu Megawati Soekarnoputri atas pengukuhan sebagai profesor kehormatan ilmu pertahanan untuk bidang kepemimpinan strategis Universitas Pertahanan Republik Indonesia," kata Jokowi saat memberikan pidato pengukuhan gelar profesor kehormatan Megawati lewat…

Komisi VIII Ungkap Sulitnya Berangkatkan Haji: Tak Seperti Serang ke Jakarta

Pemerintah secara resmi telah mengumumkan bahwa Indonesia tidak akan memberangkatkan warganya untuk ibadah haji ke Arab Saudi tahun 2021. Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengungkap sejumlah kendala yang dihadapi jika memberangkatkan haji di tengah pandemi Corona.

5 Gerai McD di Jakbar Ditutup Imbas Kerumunan Order BTS Meal

Lima gerai McDonald's di Jakarta Barat ditutup sementara. Penutupan ini imbas kerumunan ojek online yang menerima orderan BTS Meal. Lima gerai McDonalds yang ditutup di Jakarta Barat, yaitu dua gerai McDonalds di Kembangan, dua gerai McDonalds di Kebon Jeruk dan satu gerai McDonalds di Palmerah.

Bobby Jelaskan soal Batas Usia 60 Tahun Penerima Dana Pelayan Warga

Wali Kota Medan Bobby Nasution membuat batasan bagi penerima dana jasa pelayanan kepada warga pelayan masyarakat. Bobby menjelaskan soal alasan batas usia 60 tahun bagi para penerima dana tersebut. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota Medan Nomor 17/2021 tentang Pemberian Dana Jasa Pelayanan Kepada Warga Pelayan Masyarakat. Batas usia tersebut tertera di poin ke-38…

Popular categories

Recent comments