COVID di Riau Melonjak, Ruang ICU-Isolasi Terisi Hampir 60%

-

Pekanbaru

Kasus COVID-19 di Riau masih belum terkendali sejak terjadi peningkatan satu bulan terakhir. Akibatnya, muncul lima klaster baru penyebaran COVID-19 di Bumi Lancang Kuning.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan sampai hari ini tercatat ada 46.617 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Tak hanya itu, kasus meninggal juga meningkat menjadi 1.155 orang.

“Rincian terkonfirmasi positif, untuk isolasi mandiri 4.212 orang, rawat di rumah sakit 925 orang, sembuh 40.325 orang. Bahkan ada 1.155 meninggal,” terang Mimi kepada wartawan, Kamis (6/5/2021).

Mereka yang positif, menurut Mimi, tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Riau. Dari angka tersebut, tercatat ada lima klaster penyebaran COVID-19 mulai dari lingkungan keluarga hingga kegiatan keagamaan.

“Untuk klaster hingga saat ini ada beberapa klaster. Pertama adalah klaster keluarga, perusahaan, klaster ABK yang berasal dari India, dan acara keagamaan. Termasuk ada klaster guru di Siak,” kata Mimi.

Akibat peningkatan kasus secara drastis di bulan Mei, Gubernur Riau Syamsuar sudah meminta penambahan ruang isolasi di RS dan ICU. Sebab, pemerintah harus siaga karena kasus terus meningkat.

“Ruang isolasi di RS rujukan Provinsi Riau, akibat terjadi peningkatan ditambah. Saat ini total 1.658 ruangan dan sudah terisi 58 persen. Ruang ICU (ada) 145 dan sudah terisi 59 persen. Tentu ini jadi perhatian kita semua agar tidak terjadi peningkatan kasus,” kata Mimi.

Terakhir, Pemprov Riau meminta seluruh daerah di Riau juga melakukan penambahan ruang isolasi mengingat kasus COVID-19 di Riau masih belum menunjukkan penurunan.

“Kami imbau masing-masing daerah untuk menyiapkan ruang-ruang yang dibutuhkan. Masyarakat juga mengikuti arahan terkait larangan mudik, penerapan prokes,” tutup Mimi.

Diketahui, pada Rabu (6/5) tercatat angka penambahan kasus mencapai 570 kasus baru. Sementara untuk kasus sembuh ada 571 orang dan 15 meninggal dunia hingga menempatkan Riau urutan ketiga nasional.

(ras/jbr)

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments