Dinkes Nilai Kasus Corona di Riau Naik Tajam Gara-gara Bukber

-

Pekanbaru

Kasus positif COVID-19 di Riau terus meningkat tajam. Dinkes Riau menilai kasus Corona di Riau naik tajam gara-gara warga tak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kita sudah hampir setiap saat bahas ini. Ya naik, sama-sama kita ketahui karena masyarakat tak disiplin lagi menerapkan protokol kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani, Jumat (30/4/3021).

Mimi menilai buka puasa bersama, kumpul-kumpul dan kafe yang masih buka menjadi penyebab kasus Corona di Riau naik. Masyarakat, katanya, hanya mematuhi protokol kesehatan saat melihat petugas.

“Kasus naik, buka bersama jalan, kumpul-kumpul jalan, kafe-kafe masih buka. Ada pengawasan, pergi petugas, balik lagi, ya kedisiplinan belum diterapkan,” imbuhnya.

Mimi menyebut pengawasan belum bisa dilakukan secara maksimal saat berbuka puasa. Sebab, petugas juga sibuk dengan aktivitas berbuka.

“Pengawasan dilakukan, tapi tidak bisa 24 jam. Kasus semakin tinggi, dampak semakin berbahaya, ada peningkatan kasus, meninggal. Soal buka puasa, pengawasan sudah ada bagian. Ya yang tahu jalan atau tidak ya yang melihat,” kata Mimi.

“Orang yang mengawasi juga perlu buka puasa. Kalau sudah ada instruksi dari kepala daerah harusnya dijalankan. Jadi kluster tertinggi itu klaster keluarga,” kata Mimi lagi.

Kasus Corona di Riau meningkat drastis sepekan terakhir. Pada Kamis (29/4), ada 579 kasus positif Corona baru di Riau.

Secara kumulatif, ada 43.756 kasus Corona di Riau. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak di Sumatera.

Dari jumlah itu, ada 37.925 orang yang telah dinyatakan sembuh. Selain itu, ada 1.071 orang yang meninggal dunia.

(ras/haf)

Share this article

Recent posts

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Banjir Bandang, Pemkab Tetapkan Darurat Bencana Minahasa Tenggara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut), menetapkan status darurat bencana. Hal ini menyusul kejadian banjir bandang yang melanda dua kecamatan di daerah itu. "Melihat dampak dari banjir bandang ini, kami dari Pemkab Minahasa Tenggara menetapkan status darurat bencana," kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap seperti dilansir Antara, Selasa (21/9/2021).

8 Remaja yang Hendak Tawuran di Bogor Diamankan Polisi, Sajam Disita

Dua kelompok remaja yang menamai diri 'Win Family' dan 'Enjoy Italy' hendak tawuran pada Sabtu (19/9) malam di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Belum sempat beraksi, kedua kelompok tersebut dibekuk oleh Tim Jaguar Polres Metro Depok.

Bakamla RI Jelaskan Situasi Laut Natuna Utara Saat Ini

Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengungkap situasi Laut Natuna Utara saat ini. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan situasi terkendali dan para pelayan tak perlu khawatir dalam berkativitas.

Popular categories

Recent comments