Waket MPR Bagikan Paket Yimelu untuk Warga Gorontalo di Jabotabek

-

Jakarta – Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menyerahkan 1.708 paket Yimelu kepada warga Gorontalo di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Banten dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H. Penyerahan paket Yimelu berupa sembako ini merupakan tradisi di Gorontalo menjelang bulan puasa.

“Sebanyak 1.708 paket kita serahkan kepada mereka yang layak mendapat bantuan sembako,” kata Fadel dalam keterangannya, Minggu (11/4/2021).

Ia menjelaskan Yimelu merupakan tradisi rakyat Gorontalo menyambut bulan Ramadhan. Dia juga mengungkapkan saat menjadi Gubernur Gorontalo, ia membagikan ribuan paket Yimelu berupa sembako kepada masyarakat.

“Kebiasaan masyarakat Gorontalo kalau menyambut Ramadhan disebut Yimelu. Artinya, mengumpulkan sesuatu yang dilakukan bersama-sama kemudian diberikan kepada orang-orang dhuafa dan pantas menerima,” ujarnya.

“Karena itu, tradisi ini dilakukan setiap tahun menjelang bulan Ramadhan. Tahun depan kita usahakan memberikan paket Yimelu ini lebih banyak lagi kepada warga Gorontalo di Jabodetabek,” kata Fadel.

Kepada warga penerima paket Yimelu, Fadel berpesan agar masyarakat Gorontalo yang berada di Jabodetabek bisa bersyukur mendapatkan paket ini.

“Kita juga mengharapkan warga Gorontalo di Jabodetabek bisa menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan tenang dan khidmat,” tutur mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini.

Selain membagikan paket Yimelu, Fadel menyebutkan ada berbagai kegiatan lain menyambut bulan Ramadhan seperti ceramah-ceramah agama melalui daring atau webinar, buka puasa bersama secara terbatas, dan pemberian bantuan-batuan kepada masyarakat menjelang Idul Fitri.

“Jadi meski masih pandemi, kita tetap melaksanakan berbagai kegiatan. Namun kegiatan nanti lebih banyak secara online atau melalui webinar dengan ceramah tokoh-tokoh agama,” katanya.

Penyerahan paket Yimelu berupa sembako ini dihadiri Hanah Hasanah serta pengurus Lamahu, dan perwakilan (Pilar) komunitas Gorontalo di Jabodetabek dan Banten. (fhs/ega)

Share this article

Recent posts

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Banjir Bandang, Pemkab Tetapkan Darurat Bencana Minahasa Tenggara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut), menetapkan status darurat bencana. Hal ini menyusul kejadian banjir bandang yang melanda dua kecamatan di daerah itu. "Melihat dampak dari banjir bandang ini, kami dari Pemkab Minahasa Tenggara menetapkan status darurat bencana," kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap seperti dilansir Antara, Selasa (21/9/2021).

8 Remaja yang Hendak Tawuran di Bogor Diamankan Polisi, Sajam Disita

Dua kelompok remaja yang menamai diri 'Win Family' dan 'Enjoy Italy' hendak tawuran pada Sabtu (19/9) malam di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Belum sempat beraksi, kedua kelompok tersebut dibekuk oleh Tim Jaguar Polres Metro Depok.

Bakamla RI Jelaskan Situasi Laut Natuna Utara Saat Ini

Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengungkap situasi Laut Natuna Utara saat ini. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan situasi terkendali dan para pelayan tak perlu khawatir dalam berkativitas.

Popular categories

Recent comments