TNI Kerahkan Helikopter untuk Kirim Logistik ke Desa Datar Ajab Kalsel

-

Hulu Sungai Tengah

Satu unit Helikopter TNI dikerahkan untuk mengirim logistik ke lokasi banjir dan longsor di Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Pengiriman dengan helikopter ini dikarenakan akses darat yang sulit dilalui.

Komandan Korem 101 Antasari Brigjen Firmansyah mengatakan bantuan yang dikirim dipusatkan ke kawasan terdampak langsung banjir bandang dan longsor. Pengiriman dilakukan dalam dua kali perjalanan setiap harinya.

“Ini merupakan bantuan kemanusiaan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) untuk korban banjir Kalsel, terutama masyarakat Desa Datar Ajab di Kecamatan Hantakan. Karena sulitnya akses kendaraan menuju lokasi desa Datar Ajab dan sekitarnya karena kondisi medan akibat tanah longsor, sehingga pengiriman logistik pun dilakukan dengan menggunakan heli TNI AD,” kata Antasari kepada wartawan, Rabu (27/01/2021).

Antasari mengatakan bantuan logistik itu diberikan langsung ke daerah yang terisolir. Helikopter didaratkan langsung ke tempat yang aman sehingga barang-barang yang dikirim tidak rusak.

“Ini merupakan salah satu upaya dari negara untuk bisa lebih dekat menjangkau masyarakat yang terkena musibah. Kita daratkan di lokasi pemberian bantuan sehingga barang-barang yang didistribusikan itu tidak rusak. kita akan usahakan heli bisa terbang difokuskan ke titik lokasi yang benar-benar terisolir,” ujarnya.

Sebelumnya Banjir dan tanah longsor melanda kawasan Desa Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah di pertengahan Januari 2021.

Tak hanya meluluhlantakan sejumlah desa, namun juga menelan korban jiwa . Warga Hantakan yang mayoritas Komunitas adat Dayak Meratus termasuk yang paling terdampak.

Bantuan kegawat-daruratan dan logistik pun sempat terhambat, karena akses menuju desa hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa jam.

(eva/eva)

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments