TNI Kerahkan Helikopter untuk Kirim Logistik ke Desa Datar Ajab Kalsel

-

Hulu Sungai Tengah

Satu unit Helikopter TNI dikerahkan untuk mengirim logistik ke lokasi banjir dan longsor di Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Pengiriman dengan helikopter ini dikarenakan akses darat yang sulit dilalui.

Komandan Korem 101 Antasari Brigjen Firmansyah mengatakan bantuan yang dikirim dipusatkan ke kawasan terdampak langsung banjir bandang dan longsor. Pengiriman dilakukan dalam dua kali perjalanan setiap harinya.

“Ini merupakan bantuan kemanusiaan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) untuk korban banjir Kalsel, terutama masyarakat Desa Datar Ajab di Kecamatan Hantakan. Karena sulitnya akses kendaraan menuju lokasi desa Datar Ajab dan sekitarnya karena kondisi medan akibat tanah longsor, sehingga pengiriman logistik pun dilakukan dengan menggunakan heli TNI AD,” kata Antasari kepada wartawan, Rabu (27/01/2021).

Antasari mengatakan bantuan logistik itu diberikan langsung ke daerah yang terisolir. Helikopter didaratkan langsung ke tempat yang aman sehingga barang-barang yang dikirim tidak rusak.

“Ini merupakan salah satu upaya dari negara untuk bisa lebih dekat menjangkau masyarakat yang terkena musibah. Kita daratkan di lokasi pemberian bantuan sehingga barang-barang yang didistribusikan itu tidak rusak. kita akan usahakan heli bisa terbang difokuskan ke titik lokasi yang benar-benar terisolir,” ujarnya.

Sebelumnya Banjir dan tanah longsor melanda kawasan Desa Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah di pertengahan Januari 2021.

Tak hanya meluluhlantakan sejumlah desa, namun juga menelan korban jiwa . Warga Hantakan yang mayoritas Komunitas adat Dayak Meratus termasuk yang paling terdampak.

Bantuan kegawat-daruratan dan logistik pun sempat terhambat, karena akses menuju desa hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa jam.

(eva/eva)

Share this article

Recent posts

Terlalu! Kepsek di Bima NTB Diduga Cabuli 20 Siswi SD

Seorang kepala sekolah (kepsek) di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), berinisial HS dilaporkan ke polisi. HS diduga melakukan pelecehan seksual terhadap 20 orang siswi sekolah dasar (SD). Kasus ini pun saat ini tengah ditangani oleh Unit PPA Polres Kota Bima.

Megawati Dapat Profesor Kehormatan, Jokowi Puji Perjuangkan Wong Cilik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas pengukuhan gelar profesor Megawati Soekarnoputri. Jokowi memuji Megawati sebagai sosok yang memperjuangkan wong cilik. "Pertama-tama saya menyampaikan selamat kepada Ibu Megawati Soekarnoputri atas pengukuhan sebagai profesor kehormatan ilmu pertahanan untuk bidang kepemimpinan strategis Universitas Pertahanan Republik Indonesia," kata Jokowi saat memberikan pidato pengukuhan gelar profesor kehormatan Megawati lewat…

Komisi VIII Ungkap Sulitnya Berangkatkan Haji: Tak Seperti Serang ke Jakarta

Pemerintah secara resmi telah mengumumkan bahwa Indonesia tidak akan memberangkatkan warganya untuk ibadah haji ke Arab Saudi tahun 2021. Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengungkap sejumlah kendala yang dihadapi jika memberangkatkan haji di tengah pandemi Corona.

5 Gerai McD di Jakbar Ditutup Imbas Kerumunan Order BTS Meal

Lima gerai McDonald's di Jakarta Barat ditutup sementara. Penutupan ini imbas kerumunan ojek online yang menerima orderan BTS Meal. Lima gerai McDonalds yang ditutup di Jakarta Barat, yaitu dua gerai McDonalds di Kembangan, dua gerai McDonalds di Kebon Jeruk dan satu gerai McDonalds di Palmerah.

Bobby Jelaskan soal Batas Usia 60 Tahun Penerima Dana Pelayan Warga

Wali Kota Medan Bobby Nasution membuat batasan bagi penerima dana jasa pelayanan kepada warga pelayan masyarakat. Bobby menjelaskan soal alasan batas usia 60 tahun bagi para penerima dana tersebut. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota Medan Nomor 17/2021 tentang Pemberian Dana Jasa Pelayanan Kepada Warga Pelayan Masyarakat. Batas usia tersebut tertera di poin ke-38…

Popular categories

Recent comments