Kapal Pengangkut LPG Karam di Bangka, Pertamina Pastikan Stok Aman

-

Jakarta

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II memastikan ketersediaan stok dan distribusi LPG 3 kg di Belitung aman. Hal itu ditegaskan usai insiden tenggelamnya Kapal KM. Surya Bahari yang terjadi sekitar pukul 03.00 WIB, Senin (21/12) kemarin.

Kejadian tersebut terjadi di perairan Selat Bangka Tanjung Langkat, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. Kapal bermuatan tabung LPG 3 kg sebesar 9.520 Tabung (17 LO) diterpa badai dengan ketinggian gelombang 4-5 meter.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan menyampaikan terdapat 5 crew awak kapal dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut serta semua awak kapal selamat. Pertamina sudah berkoordinasi dengan pihak berwenang dalam menangani kasus tersebut.

“Saat ini Pertamina sudah berkoordinasi dengan stakeholder untuk mencari kapal dengan tonase lebih besar untuk mengangkut LPG 3 kg yang tersedia di Bangka,” ujar Umar dalam keterangan tertulis, Rabu (23/12/2020).

Ia juga menjelaskan untuk stok LPG 3 kg saat ini dalam kondisi aman. Stok LPG PSO 3 kg di Belitung sebesar 1.120 tabung dan di Belitung Timur sebesar 12.930. Sementara itu, untuk stok LPG Non PSO 12 kg adalah 2.703 tabung.

Lalu ketahanan stok LPG PSO Belitung bertahan selama 1 hari dan rencana besok akan ditambah sebagai plan emergency. Sementara di Belitung Timur stok bertahan 4 hari dan Ketahanan LPG Non PSO 12 kg 6 hari.

“Pertamina memerlukan dukungan dari berbagai pihak dan doa dari seluruh masyarakat untuk memastikan ketersediaan dan distribusi LPG 3 g sampai kepada masyarakat yang berhak menerima, yaitu rumah tangga pra sejahtera dan usaha mikro,” tutup Umar.

(akn/ega)

Share this article

Recent posts

Gempa M 4,3 Terjadi di Jayapura Papua

Gempa bumi terjadi di Jayapura, Papua. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,3. Gempa tersebut terjadi pada Senin (27/9/2021) pukul 00.01 WIB. Gempa tersebut berada di kedalaman 2 km.

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Popular categories

Recent comments