Terpopuler Pekan Ini: Anies Positif Corona dan Jalannya Pemerintahan DKI

-

Jakarta

Berita terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terkonfirmasi positif Corona terpopuler dalam sepekan. Anies tetap bekerja selama melakukan isolasi mandiri secara virtual.

Awalnya Anies dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil swab tes. Namun asal Anies tertular masih tanda tanya. Anies mengumumkan secara langsung dirinya positif Corona.

Melalui media sosial Instagramnya, Anies mengunggah video menyampaikan dirinya dalam kondisi baik dan tidak memiliki gejala Corona.

“Saat ini kondisi saya alhamdulillah baik, alhamdulillah tidak ada gejala,” ujar Anies, Selasa, (1/12/2020).

“Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” imbuhnya.

Anies mengaku sengaja mengumumkan positif di hari pertama. Anies mengungkap alasan pengumuman langsung itu dia sampaikan. Anies kemudian membandingkan pengumuman ini dengan penanganan COVID-19 di DKI Jakarta dilakukan secara transparan.

“Hasil tes PCR saya menyatakan bahwa saya positif COVID-19. Saya memilih untuk mengumumkan pada kesempatan pertama pagi hari ini. Sebagaimana kita selalu melakukan dalam penanganan COVID sejak burat Maret yang lalu kita selalu sampaikan apa adanya transparan, tidak ditambah, tidak dikurangi, dan diberikan secara lengkap menyangkut kebijakan kita terbuka, kita transparan, begitu juga ketika menyangkut situasi yang saya hadapi pada hari ini,” jelas Anies.

Anies dinyatakan positif Corona setelah hasil tes swabnya keluar pada Selasa dini hari kemarin. Dari mana asal Anies tertular belum diketahui secara pasti. Anies tidak menyebut secara gamblang.

Hanya saja dia merinci memiliki intensitas pertemuan dengan Wagub DKI Ahmad Riza Patria, yang lebih dulu mengonfirmasi dirinya positif COVID-19 juga.

“Setelah mendengar kabar bahwa Pak Wagub positif sementara kita ada interaksi yang cukup dekat, maka sesuai protokol kesehatan, saya kembali melakukan tes Minggu, 29 November, saya memulai dengan swab antigen,” ujar Anies dalam videonya itu.

Wagub Riza Patria sendiri melakukan dua kali tes usap, yaitu pada Kamis (26/11) dengan hasil negatif, dan lalu dilanjutkan tes yang sama pada Jumat (27/11) dengan hasil terkonfirmasi positif. Ahmad Riza disebut tertular dari stafnya.

Dalam video itu Anies kemudian menerangkan riwayat menjalani tes usap (swab test) sebelum dinyatakan positif.

Ini riwayat tes Corona yang diungkap Anies Baswedan. Selengkapnya di halaman berikutnya.

Share this article

Recent posts

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Banjir Bandang, Pemkab Tetapkan Darurat Bencana Minahasa Tenggara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut), menetapkan status darurat bencana. Hal ini menyusul kejadian banjir bandang yang melanda dua kecamatan di daerah itu. "Melihat dampak dari banjir bandang ini, kami dari Pemkab Minahasa Tenggara menetapkan status darurat bencana," kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap seperti dilansir Antara, Selasa (21/9/2021).

8 Remaja yang Hendak Tawuran di Bogor Diamankan Polisi, Sajam Disita

Dua kelompok remaja yang menamai diri 'Win Family' dan 'Enjoy Italy' hendak tawuran pada Sabtu (19/9) malam di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Belum sempat beraksi, kedua kelompok tersebut dibekuk oleh Tim Jaguar Polres Metro Depok.

Bakamla RI Jelaskan Situasi Laut Natuna Utara Saat Ini

Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengungkap situasi Laut Natuna Utara saat ini. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan situasi terkendali dan para pelayan tak perlu khawatir dalam berkativitas.

Popular categories

Recent comments