AS Janji Bela Filipina dalam Konflik, China Berang

-

Manila

Kedutaan Besar China di Filipina melontarkan kecaman terhadap Amerika Serikat (AS) setelah negara itu berjanji akan membela Filipina jika diserang dalam sengketa Laut China Selatan. Kedubes China menyebut AS ‘berbahaya’ dan hanya ‘menciptakan kekacauan’ di kawasan Asia.

Penasihat keamanan nasional AS, Robert O’Brien, dalam kunjungan ke Manila pada Senin (23/11) waktu setempat menegaskan komitmen AS untuk membela Filipina dalam sengketa di perairan Laut China Selatan, yang melibatkan China. Komitmen yang sama juga ditegaskan O’Brien untuk Taiwan dan Vietnam.

O’Brien menegaskan kepada Filipina, Taiwan dan Vietnam bahwa ‘kami mendukung Anda’. Seperti dilansir Reuters, Selasa (24/11/2020), Kedubes China di Filipina mengomentari pernyataan O’Brien tersebut dengan sindiran.

“Itu menunjukkan bahwa kunjungannya ke kawasan ini tidak untuk memajukan perdamaian dan stabilitas kawasan, tapi untuk menciptakan kekacauan di kawasan demi mewujudkan kepentingan egois AS,” demikian pernyataan Kedubes China di Filipina.

Ditegaskan Kedubes China dalam pernyataan tersebut bahwa AS harus ‘berhenti menghasut konfrontasi’ di Laut China Selatan dan berhenti mengomentari isu Taiwan juga Hong Kong.

“Berhenti melontarkan pernyataan tidak bertanggung jawab soal isu Taiwan dan Hong Kong, yang murni urusan dalam negara China,” tegas pernyataan tersebut.

Beberapa waktu lalu, O’Brien memperingatkan China bahwa negara itu akan menghadapi ‘serangan balik’ jika berupaya menggunakan kekuatan militer untuk memaksa Taiwan, yang masih dianggap sebagai salah satu provinsi China yang tidak memiliki hak menjalin hubungan antarnegara.

Share this article

Recent posts

Gempa M 4,3 Terjadi di Jayapura Papua

Gempa bumi terjadi di Jayapura, Papua. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,3. Gempa tersebut terjadi pada Senin (27/9/2021) pukul 00.01 WIB. Gempa tersebut berada di kedalaman 2 km.

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Popular categories

Recent comments