Media China: Kemenangan Biden Buka Pintu untuk Tingkatkan Hubungan AS-China

-

Beijing

Media nasional China memberikan nada optimis dalam reaksinya terhadap kemenangan Joe Biden dalam pilpres Amerika Serikat (AS) 2020. Disebutkan bahwa hubungan China dan AS dapat dipulihkan ke kondisi yang lebih dapat diprediksi, yang diawali dengan perdagangan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (9/11/2020), meskipun mengakui AS kecil kemungkinan akan mengurangi tekanan terhadap China terkait sejumlah isu seperti Xinjiang dan Hong Kong, surat kabar nasional Global Times menyatakan bahwa China harus berupaya berkomunikasi dengan tim Biden dengan sebaik mungkin.

Pemerintahan Presiden Donald Trump secara sengaja memicu ketegangan dalam hubungan China dan AS, terutama setelah mengadopsi strategi menekan China, yang menyebabkan munculnya ‘gelembung’ dalam kebijakan China-AS.

“Kita yakin bisa memecahkan gelembung-gelembung itu,” sebut Global Times dalam editorialnya. “Ini adalah kepentingan bersama bagi rakyat kedua negara dan bagi komunitas internasional bahwa hubungan China-AS bisa diredakan dan terkendali,” imbuh editorial tersebut.

Global Times merupakan tabloid yang dirilis People’s Daily, surat kabar resmi Partai Komunis China. Namun surat kabar ini tidak mewakili partai dan pemerintah China secara resmi.

Dalam editorial terpisah, China Daily menyatakan bahwa ‘jelas’ peningkatan hubungan dengan China dan AS bisa dimulai dari perdagangan, dan menghidupkan kembali perundingan dagang yang penting untuk pemulihan beberapa kesepahaman dan kepercayaan dalam hubungan kedua negara.

“Ini adalah salah satu jalinan terakhir yang menghubungkan kedua pihak. Perlu dicatat bahwa baik Beijing maupun Washington tidak mau mengambil risiko untuk menghapus kesepakatan fase satu yang dirundingkan dengan susah payah,” sebut China Daily yang merupakan surat kabar berbahasa Inggris ini.

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments