Trump Sementara Unggul di Pennsylvania yang Bisa Jadi Penentu

-

Pennsylvania

Negara bagian Pennsylvania di Amerika Serikat (AS) akan menjadi salah satu penentu dalam pilpres tahun ini. Hingga kini, penghitungan suara di negara bagian yang merupakan swing states ini terus dilakukan dan belum akan selesai hingga Rabu (4/11) dini hari waktu AS.

Seperti dilansir CNN, Rabu (4/11/2020), Pennsylvania bersama Wisconsin dan Michigan akan menjadi negara bagian krusial bagi kedua capres. Dikenal dengan sebutan ‘blue wall’, ketiga negara bagian ini dilaporkan masih melakukan penghitungan untuk suara awal atau early votes — dari pemungutan suara awal via pos.

Data penghitungan sementara dari CNN dan New York Times (NYT) menunjukkan Presiden Donald Trump unggul sementara di Pennsylvania dengan 56,2 persen suara melawan Joe Biden dengan 42,4 persen suara — total baru 71 persen total suara yang masuk.

Data penghitungan sementara dari ABC News menunjukkan Trump unggul dengan 56 persen suara melawan Biden dengan 42 persen suara — total 71 persen suara yang telah masuk.

Jumlah 20 electoral votes yang dimiliki negara bagian Pennsylvania akan bisa memberikan dorongan yang diperlukan bagi salah satu capres untuk bisa segera mencapai ambang batas 270 electoral votes agar bisa memenangkan pilpres.

Dalam konferensi pers, Sekretaris Negara Bagian Pennsylvania, Kathy Boockvar, menyatakan proses penghitungan suara di negara bagiannya akan memakan waktu lebih lama dari yang lain. Diketahui bahwa negara bagian ini masih melakukan penghitungan untuk surat suara via pos yang jumlahnya memecahkan rekor.

“Kita perlu bersabar dan Anda juga perlu bersiap-siap untuk total suara yang akan masuk dalam semalam secara tiba-tiba,” demikian pernyataan dilaporkan wartawan CNN, Sara Murray, dari Harrisburg, Pennsylvania, mengutip pernyataan Boockvar kepada awak media.

“Ada banyak suara luar biasa di negara bagian Keystone ini dan ini bukan proses yang berjalan sangat cepat,” tutur Murray dalam laporannya. “Kita tahu ada banyak distrik besar, Philadelphia County, Bucks County, Chester County … mereka terus menghitung sepanjang malam,” imbuhnya.

Dalam pernyataan terpisah, analis politik CNN, David Chalian, menilai bahwa surat suara via pos yang diberikan saat early voting akan menguntungkan Biden. Diperkirakan bahwa keunggulan Trump di Pennsylvania bisa menyusut seiring bertambahnya jumlah suara early voting yang masuk.

“Kita tahu Joe Biden jauh lebih baik dalam early voting,” sebutnya. “Kita harus menunggu untuk melibat suara awal via pos masuk dan dihitung,” imbuh Chailan.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments