Pilpres AS di 2 Kota New Hampshire Telah Dimulai, Siapa yang Menang?

-

New Hampshire

Dua kota kecil di wilayah New Hampshire, Amerika Serikat (AS), memulai pemungutan suara untuk pemilihan presiden (pilpres) sesaat usai tengah malam. Hal ini telah menjadi tradisi selama 60 tahun terakhir di wilayah tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (3/11/2020), kota Dixville Notch dan Millsfield memulai pemungutan suara sesaat setelah Senin (2/11) tengah malam, atau pada Selasa (3/11) dini hari waktu AS. Warga kedua kota kecil itu bahkan telah selesai menggunakan hak pilih mereka.

Hasilnya menunjukkan calon presiden (capres) dari Partai Demokrat, Joe Biden, meraup seluruh lima suara yang ada di kota Dixville Notch, yang terletak dekat perbatasan Kanada tersebut.

Sedangkan di kota Millsfield, yang berjarak 20 kilometer sebelah selatan Diville Notch, capres petahana, Presiden Donald Trump unggul dengan 16 suara sementara Biden meraih lima suara.

Biasanya, akan ada suplai makanan dan kehadiran awak media dalam jumlah besar di ruangan kecil untuk menyaksikan pemungutan suara di kedua kota kecil itu. Namun untuk tahun itu, suasananya berbeda dari biasanya akibat pandemi virus Corona (COVID-19).

Sulit juga untuk menggelar perayaan tradisi selama 60 tahun, yang dimulai sejak November 1960 silam ini. “Enam puluh tahun — dan sayangnya, kita tidak bisa merayakannya,” ucap moderator kota Dixville Notch, Tom Tillotson.

Kota ketiga di New Hampshire yang biasanya menggelar pemungutan suara pada tengah malam adalah Hart’s Location. Namun tahun ini, tradisi pemungutan suara tengah malam di Hart’s Location ditangguhkan karena pandemi Corona. Untuk pilpres tahun ini, kota Hart’s Location menggelar pemungutan suara mulai pukul 11.00 hingga 19.00 waktu setempat, pada Selasa (3/11) waktu AS.

Tradisi pemungutan suara tengah malam di New Hampshire ini bermula tahun 1948 untuk mengakomodasi para pekerja rel kereta api yang harus mulai bekerja sebelum jam pemungutan suara normal. Tradisi ini sempat berhenti tahun 1964 namun kembali dilakukan sejak tahun 1996 lalu.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments