Sepekan Jelang Pilpres AS, Sudah 70 Juta Warga Gunakan Hak Pilih

-

Washington DC

Lebih dari 70 juta warga Amerika Serikat (AS) telah menggunakan hak pilihnya dalam pemungutan suara awal atau early voting dalam pemilihan presiden (pilpres) tahun ini. Angka tersebut telah melebihi separuh dari total jumlah pemilih dalam pilpres tahun 2016 lalu.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (28/10/2020), pemungutan suara nasional akan digelar serentak pada digelar 3 November mendatang. Masih ada waktu satu minggu sebelum pilpres digelar dan jumlah total pemilih diprediksi mencetak rekor tertinggi dibandingkan sebelumnya.

Banyaknya warga AS yang telah mengikuti pemungutan suara awal menunjukkan minat yang kuat dalam pertempuran antara kandidat petahana Presiden Donald Trump dan penantangnya, Joe Biden, calon presiden (capres) dari Partai Demokrat.

Tingginya angka pemilih untuk early voting juga menunjukkan keinginan warga AS untuk mengurangi risiko tertular virus Corona (COVID-19) mengingat pandemi masih merajalela. Diketahui bahwa pemungutan suara serentak terkadang melibatkan kerumunan banyak orang dan antrean panjang di tempat pemungutan suara.

Penghitungan US Elections Project, yang memantau pemungutan suara, menyatakan bahwa hingga Selasa (27/10) waktu setempat, sudah lebih dari 70 orang yang memberikan suaranya lebih awal dalam early voting, yang bisa dilakukan secara langsung atau melalui pos dan kotak-kotak drop box di beberapa lokasi.

Angka tersebut telah melampaui data tahun 2016 yang menyebutkan 47 juta orang menggunakan hak pilih lebih awal.

Tingginya jumlah pemilih untuk early voting membuat profesor Universitas Florida, Michael McDonald, yang mengelola US Elections Project, memprediksi rekor partisipasi pemilih AS untuk pilpres tahun ini akan mencapai sekitar 150 juta orang. Angka itu mewakili 65 persen dari total jumlah warga AS yang berhak menggunakan hak pilih. Jika prediksi itu benar, maka AS akan mencatatkan jumlah total pemilih tertinggi sejak tahun 1908 silam.

Dalam early voting tahun ini, Partai Demokrat disebut memiliki keuntungan signifikan karena mendukung dan mendorong pendukungnya menggunakan surat suara via pos. Partai Republik sebenarnya secara historis mencatatkan banyak suara dari pemungutan suara via pos, namun Trump, tanpa memberikan bukti, berulang kali menuding sistem suara suara via pos rawan penipuan dan kecurangan.

Secara keseluruhan, Partai Demokrat memilik keunggulan dua dibanding satu dalam jumlah pemilih untuk early voting. Namun, Partai Republik dalam beberapa pekan terakhir telah memperkecil selisih jumlah pemilih untuk early voting.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Terlalu! Kepsek di Bima NTB Diduga Cabuli 20 Siswi SD

Seorang kepala sekolah (kepsek) di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), berinisial HS dilaporkan ke polisi. HS diduga melakukan pelecehan seksual terhadap 20 orang siswi sekolah dasar (SD). Kasus ini pun saat ini tengah ditangani oleh Unit PPA Polres Kota Bima.

Megawati Dapat Profesor Kehormatan, Jokowi Puji Perjuangkan Wong Cilik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas pengukuhan gelar profesor Megawati Soekarnoputri. Jokowi memuji Megawati sebagai sosok yang memperjuangkan wong cilik. "Pertama-tama saya menyampaikan selamat kepada Ibu Megawati Soekarnoputri atas pengukuhan sebagai profesor kehormatan ilmu pertahanan untuk bidang kepemimpinan strategis Universitas Pertahanan Republik Indonesia," kata Jokowi saat memberikan pidato pengukuhan gelar profesor kehormatan Megawati lewat…

Komisi VIII Ungkap Sulitnya Berangkatkan Haji: Tak Seperti Serang ke Jakarta

Pemerintah secara resmi telah mengumumkan bahwa Indonesia tidak akan memberangkatkan warganya untuk ibadah haji ke Arab Saudi tahun 2021. Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengungkap sejumlah kendala yang dihadapi jika memberangkatkan haji di tengah pandemi Corona.

5 Gerai McD di Jakbar Ditutup Imbas Kerumunan Order BTS Meal

Lima gerai McDonald's di Jakarta Barat ditutup sementara. Penutupan ini imbas kerumunan ojek online yang menerima orderan BTS Meal. Lima gerai McDonalds yang ditutup di Jakarta Barat, yaitu dua gerai McDonalds di Kembangan, dua gerai McDonalds di Kebon Jeruk dan satu gerai McDonalds di Palmerah.

Bobby Jelaskan soal Batas Usia 60 Tahun Penerima Dana Pelayan Warga

Wali Kota Medan Bobby Nasution membuat batasan bagi penerima dana jasa pelayanan kepada warga pelayan masyarakat. Bobby menjelaskan soal alasan batas usia 60 tahun bagi para penerima dana tersebut. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota Medan Nomor 17/2021 tentang Pemberian Dana Jasa Pelayanan Kepada Warga Pelayan Masyarakat. Batas usia tersebut tertera di poin ke-38…

Popular categories

Recent comments