Eks Menhan Meksiko ‘The Godfather’ Ditangkap AS Atas Perdagangan Narkoba

-

Jakarta

Seorang mantan Menteri Pertahanan (Menhan) Meksiko telah ditahan di Amerika Serikat dan didakwa dengan perdagangan narkoba dan pencucian uang.

Salvador Cienfuegos, seorang tokoh kunci dalam pemerintahan mantan Presiden Enrique Pena Nieto 2012-2018, ditahan di bandara Los Angeles, AS pada hari Kamis (15/10) saat sedang dalam perjalanan bersama keluarganya.

Dia dituduh bersekongkol untuk memproduksi dan mendistribusikan “ribuan kilogram” kokain, heroin, metamfetamin dan mariyuana di AS antara Desember 2015 dan Februari 2017. Demikian menurut dokumen yang dirilis oleh jaksa federal di New York seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (17/10/2020).

Menurut dokumen tersebut, pensiunan jenderal berusia 72 tahun yang dijuluki “The Godfather” itu diduga menyalahgunakan posisinya “untuk membantu H-2 Cartel, sebuah organisasi perdagangan narkoba Meksiko yang sangat kejam.”

“Sebagai imbalan pembayaran suap, dia mengizinkan Kartel H-2 – kartel yang secara rutin terlibat dalam kekerasan besar-besaran, termasuk penyiksaan dan pembunuhan – untuk beroperasi dengan impunitas di Meksiko,” demikian bunyi dakwaan.

Jaksa penuntut mengatakan bukti-bukti termasuk ribuan pesan Blackberry antara Cienfuegos dan para anggota kartel yang disadap oleh pihak berwenang.

Dakwaan tersebut dapat dihukum di Amerika Serikat dengan minimal 10 tahun penjara dan maksimal seumur hidup.

Dakwaan itu diajukan oleh Kantor Kejaksaan Distrik Kota New York pada Agustus 2019, tetapi baru dirilis pada hari Jumat (16/10) waktu setempat.

Share this article

Recent posts

Gempa M 4,3 Terjadi di Jayapura Papua

Gempa bumi terjadi di Jayapura, Papua. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,3. Gempa tersebut terjadi pada Senin (27/9/2021) pukul 00.01 WIB. Gempa tersebut berada di kedalaman 2 km.

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Popular categories

Recent comments