Pastor Italia Diadili di Vatikan Atas Kekerasan Seksual pada Bocah

-

Vatican City

Seorang pastor Italia akan diadili di Vatikan karena melakukan kekerasan seksual terhadap bocah-bocah anggota paduan suara anak. Seorang pastor lainnya yang diduga memfasilitasi tindak serangan seksual itu juga ikut diadili.

Seperti dilansir AFP, Jumat (9/10/2020), tindak kekerasan seksual itu dilaporkan terjadi antara tahun 2011 hingga 2012 di asrama pra-seminari St Pius X, sebuah institusi yang terletak di wilayah Vatikan yang melatih paduan suara anak. Institusi itu juga diketahui berlokasi sangat dekat dengan kediaman Paus Fransiskus.

Pastor Italia bernama Gabriele Martinelli ini diduga melakukan serangan seksual secara berulang terhadap setidaknya satu korban saat dia masih menjadi seminaris berusia 21 tahun dan tinggal di gedung tersebut. Martinelli menjadi pastor tahun 2017.

Para penghuni asrama St Pius X kebanyakan anak-anak dan remaja, yang tinggal di sana saat mereka bersekolah di sekolah swasta di Roma. Para penghuni asrama itu juga berpartisipasi sebagai anggota paduan suara dalam misa yang digelar di Basilika St Peter.

Enrico Radice yang menjabat rektor di asrama itu saat tindak kekerasan seksual terjadi, dituduh menutup-nutupi hal tersebut. Tahun lalu, pihak Vatikan menyatakan Martinelli dan Radice alan diadili. Sidang pertama untuk kasus ini akan digelar pada 14 Oktober mendatang.

Penyelidikan terhadap kasus ini dilakukan setelah dirilisnya sebuah buku berjudul ‘Original Sin’ oleh jurnalis Italia, Gianluigi Nuzzi, yang menyinggung soal dugaan kekerasan seksual itu. Dalam buku itu, seorang seminaris asal Polandia bernama Kamil Tadeusz Jarzembowksi mengakui dirinya menyaksikan serangan seksual berulang kali terhadap teman sekamarnya.

Share this article

Recent posts

Gempa M 4,3 Terjadi di Jayapura Papua

Gempa bumi terjadi di Jayapura, Papua. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,3. Gempa tersebut terjadi pada Senin (27/9/2021) pukul 00.01 WIB. Gempa tersebut berada di kedalaman 2 km.

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Popular categories

Recent comments