Doa Pemimpin Dunia ke PM Shinzo Abe yang Mundur karena Sakit

-

Jakarta

Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, mengumumkan pengunduran diri karena kondisi kesehatannya memburuk. Para pemimpin dunia menyampaikan doa terbaik untuk kesembuhan Abe.

Abe dikenal baik karena mampu menjalin persahabatan dengan negara-negara lain. Atas relasi itu, banyak pemimpin dunia memujinya.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menggambarkan kedekatannya dengan Abe sebagai teman. Jokowi bercerita awal pertemuan hingga soal kuatnya hubungan Indonesia-Jepang. Sambil mencolek akun resmi Twitter Shinzo Abe, Jokowi mengucapkan terima kasih. Jokowi juga mendoakan Shinzo Abe sehat selalu.

“PM Abe merupakan salah satu pemimpin dunia pertama yang saya temui ketika saya menjabat sebagai Presiden Indonesia pada 2014,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi saat bertemu PM Jepang Shinzo Abe di Hotel Diamond, Manila, Filipina. Abe saat itu memuji iklim investasi di Indonesia. (Foto: Pool/Biro Setpres)

“Di bawah kepemimpinannya, kami menyaksikan hubungan bilateral yang lebih kuat antara Indonesia dan Jepang,” tambahnya.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengaku terkejut atas pengunduran diri Abe. Dia memberi ‘penghormatan tertinggi’ kepada Abe dan menyebutnya sebagai ‘teman baik’.

“Kami memiliki hubungan yang hebat. Dan saya merasa sangat sedih untuknya. Karena itu pasti sangat parah. Lihat, baginya untuk mengundurkan diri — dia sangat mencintai negaranya dan baginya untuk mengundurkan diri, saya tidak bisa membayangkan itu. Dia pria yang sangat baik dan saya hanya bisa memberikan penghormatan tertinggi saya,” ucap Trump kepada wartawan di dalam pesawat kepresidenan AS, Air Force One, Sabtu (29/8/2020).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Antonio Guterres, pun mendoakan Abe sembuh total. Guterres juga memberikan penghormatan pada ‘karier istimewa Perdana Menteri … dan keterlibatannya yang konsisten dan membangun dengan PBB dalam mengatasi tantangan global’.

Juru bicara Stephane Dujarric, menyebut Guterres punya hubungan yang sangat produktif dengan Abe. Dia merujuk pada kinerja erat dalam sejumlah isu, terutama inisiatif layanan kesehatan universal.

Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-In, menghormati Abe atas dedikasi bertahun-tahun untuk hubungan bilateral hingga mencapai ‘berbagai pencapaian yang berarti’. Dalam pernyataannya, Moon menyatakan Korsel akan terus bekerja sama dengan PM Jepang selanjutnya untuk memajukan persahabatan dan kerja sama kedua negara.

Kanselir Jerman, Angela Merkel, bahkan memuji Abe sebagai pemimpin yang ‘selalu menjadi mitra konstruktif dan dapat diandalkan dalam komitmen bersama untuk multilateralisme, perdagangan bebas, resolusi konflik dan ketertiban’.

“Untuk masa mendatang, saya mengharapkan kesembuhan Anda dengan cepat dan sepenuhnya dan kesejahteraan pribadi,” tulis Merkel dalam pernyataannya untuk Abe.

Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, memberikan penghormatan untuk ‘hal-hal hebat’ yang dicapai Abe selama menjabat PM Jepang. “Dia membuat persahabatan Inggris-Jepang diperkuat, yang kami harapkan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Saya harap dia baik-baik saja untuk selanjutnya,” ucap Raab.

Share this article

Recent posts

Gempa M 4,3 Terjadi di Jayapura Papua

Gempa bumi terjadi di Jayapura, Papua. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,3. Gempa tersebut terjadi pada Senin (27/9/2021) pukul 00.01 WIB. Gempa tersebut berada di kedalaman 2 km.

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Popular categories

Recent comments