Hacker China Bobol 6000 Akun Email Milik 10 Lembaga Pemerintah Taiwan

-

Taipei

Peretas atau hacker China membobol 6000 akun email milik 10 lembaga pemerintah Taiwan. Otoritas Taiwan menduga kuat peretasan email itu sebagai upaya pencurian data.

“Kami tahu pasti bahwa 6.000 email ini telah dibobol. Kami masih menilai tingkat kerusakannya,” kata wakil Direktur Kantor Investigasi Keamanan Siber Biro Investigasi Taiwan, Liu Chia-zung, kepada AFP, Kamis (20/8/2020).

“Kami mengumumkan hal ini (peretasan) ke publik karena kami ingin memperingatkan semua orang tentang ancaman ini,” lanjut Liu.

Meski masih dalam proses penyelidikan, Taiwan secara terang-terangan menuduh China sebagai aktor dibalik dari aksi peretasan tersebut. China dituduk menggencarkan serangan di dunia maya sejak Tsai Ing Wen terpilih menjadi presiden Taiwan. Tsai diketahui sebagai sosok yang tegas menolak Taiwan bersatu dengan China.

Menurut Liu, dua kelompok peretas terkenal dari China, Blacktech dan Taidoor, menargetkan departemen pemerintah dan penyedia layanan informasi Taiwan sejak tahun 2018.

Baru-baru ini, China memperingatkan Amerika Serikat (AS) untuk tidak ‘bermain api’. Pasalnya, Menteri Kesehatan Amerika Serikat Alex Azar baru saja menuntaskan kunjungannya ke Taiwan.

China terus meningkatkan ketegangan baik di bidang diplomati maupun ekonomi terhadap Taiwan. Sejumlah pesawat tempur China tampak mengudara beberapa kali di wilayah Taiwan.

(isa/isa)

Share this article

Recent posts

Gempa M 4,3 Terjadi di Jayapura Papua

Gempa bumi terjadi di Jayapura, Papua. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,3. Gempa tersebut terjadi pada Senin (27/9/2021) pukul 00.01 WIB. Gempa tersebut berada di kedalaman 2 km.

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Popular categories

Recent comments