Dokter Muda di Libanon Jadi Tenaga Medis Pertama yang Gugur karena Corona

-

Beirut

Seorang dokter muda menjadi tenaga medis pertama Libanon yang meninggal karena virus Corona (COVID-19). Meninggalnya dokter muda itu saat Libanon menghadapi peningkatan kasus infeksi harian.

Dilansir dari AFP, Senin (20/7/2020), Kantor Berita Nasional mengatakan dokter muda berusia 32 tahun itu bernama Loay Ismail. Pernyataan itu menyebutkan Ismail “meninggal karena virus Corona di Rumah Sakit Nabih Berri di Nabatiyeh”, Libanon Selatan.

Sementara, rumah sakit Lebanon-Italia tempatnya bekerja mengatakan Ismail tertular penyakit “saat menjalankan tugas medis dan kemanusiaan”.

“Hari ini kami berduka cita kepada dr. Loaly, kolega muda kami, yang jatuh saat menjalankan tugasnya merawat seorang pasien dengan #Covid19,” kata Kepala Rumah Sakit Utama yang merawat pasien COVID-19 di Beirut, Firass Abiad, dalam sebuah cuitan.

“Kami telah mengambil sumpah dan bersedia mengorbankan semua untuk pasien kami. Namun ini tidak menghilangkan sakit hati atau membuat kehilangan toleransi,” cuit Direktur Rumah Sakit Rafik Hariri.

Libanon secara resmi mencatat 2.800 kasus positif COVID-19 dengan 40 kematian. Secara bertahap, negara itu mencabut lockdown dan membuka Bandara Beirut untuk penerbangan komersial di awal Juli, setelah ditutup lebih dari tiga bulan.

Selama dua minggu terakhir, tingkat infeksi harian di Libanon meningkat dengan lusinan kasus baru yang diumumkan setiap hari. Pada 12 Juli lalu, pemerintah Libanon mengumumkan 166 kasus baru, termasuk 133 pekerja sanitasi.

Di puncak musim panas, sejumlah pantai dan bar di negara itu kembali dipadati masyarakat setempat. Menteri Kesehatan Libanon Hamad Hassan memperingatkan kemungkinan kembali lockdown dan mengunci “perilaku masyarakat” serta ketidakpatuhan terhadap social distancing.

Pandemi membuat Libanon menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade terakhir. Banyak pihak mengkhawatirkan sektor kesehatan tidak bisa mengatasi lonjakan kasus di negara itu.

(azr/azr)

Share this article

Recent posts

Terlalu! Kepsek di Bima NTB Diduga Cabuli 20 Siswi SD

Seorang kepala sekolah (kepsek) di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), berinisial HS dilaporkan ke polisi. HS diduga melakukan pelecehan seksual terhadap 20 orang siswi sekolah dasar (SD). Kasus ini pun saat ini tengah ditangani oleh Unit PPA Polres Kota Bima.

Megawati Dapat Profesor Kehormatan, Jokowi Puji Perjuangkan Wong Cilik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas pengukuhan gelar profesor Megawati Soekarnoputri. Jokowi memuji Megawati sebagai sosok yang memperjuangkan wong cilik. "Pertama-tama saya menyampaikan selamat kepada Ibu Megawati Soekarnoputri atas pengukuhan sebagai profesor kehormatan ilmu pertahanan untuk bidang kepemimpinan strategis Universitas Pertahanan Republik Indonesia," kata Jokowi saat memberikan pidato pengukuhan gelar profesor kehormatan Megawati lewat…

Komisi VIII Ungkap Sulitnya Berangkatkan Haji: Tak Seperti Serang ke Jakarta

Pemerintah secara resmi telah mengumumkan bahwa Indonesia tidak akan memberangkatkan warganya untuk ibadah haji ke Arab Saudi tahun 2021. Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengungkap sejumlah kendala yang dihadapi jika memberangkatkan haji di tengah pandemi Corona.

5 Gerai McD di Jakbar Ditutup Imbas Kerumunan Order BTS Meal

Lima gerai McDonald's di Jakarta Barat ditutup sementara. Penutupan ini imbas kerumunan ojek online yang menerima orderan BTS Meal. Lima gerai McDonalds yang ditutup di Jakarta Barat, yaitu dua gerai McDonalds di Kembangan, dua gerai McDonalds di Kebon Jeruk dan satu gerai McDonalds di Palmerah.

Bobby Jelaskan soal Batas Usia 60 Tahun Penerima Dana Pelayan Warga

Wali Kota Medan Bobby Nasution membuat batasan bagi penerima dana jasa pelayanan kepada warga pelayan masyarakat. Bobby menjelaskan soal alasan batas usia 60 tahun bagi para penerima dana tersebut. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota Medan Nomor 17/2021 tentang Pemberian Dana Jasa Pelayanan Kepada Warga Pelayan Masyarakat. Batas usia tersebut tertera di poin ke-38…

Popular categories

Recent comments