Kanker Hati Kambuh, Hakim Agung AS Jalani Kemoterapi

-

Washington

Hakim Agung Amerika Serikat (AS), Ruth Bader Ginsburg mengungkapkan bahwa dirinya sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Dia mengatakan sedang melakukan kemoterapi karena kanker hati yang diidapnya kambuh.

Dilansir AFP Sabtu (18/7/2020), pria yang berusia 87 tahun itu mengatakan dia akan tetap bertugas di pengadilan “selama saya bisa melakukan pekerjaan dengan penuh semangat”.

“Saya tetap sepenuhnya bisa melakukan itu,” kata Ginsburg dalam sebuah pernyataan.

Ginsburg mengatakan program imunoterapi untuk membersihkan sisa lesi pada hatinya tidak berhasil. Namun kemoterapi yang dijalaninya “menunjukkan hasil positif”.

Ginsburg mengatakan biopsi pada Februari menimbulkan lesi pada hatinya dan dia mulai melakukan imunoterapi pada Mei. Namun upaya itu tidak berhasil, kemudian dia memulai untuk kemoterapi.

“Hasil ct scan terbaru saya pada 7 Juli menunjukkan pengurangan yang signifikan dari lesi hati dan tidak ada penyakit baru,” kata Ginsburg.

Kesehatan hakim liberal ini diawasi ketat ketika pemerintah Donald Trump mencari peluang untuk mengubah pengadilan ke arah yang lebih konservatif. Di mana upaya itu berpotensi akan mengubah hukum di AS dan kebijakan sosial selama beberapa dekade.

Ginsburg diketahui masih berpegang teguh pada jabatannya meski usianya sudah tua. Dia menyadari bahwa ketika dia tak lagi menjabat, bisa mengubah lanskap peradilan AS.

(lir/lir)

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments