Vietnam Penjarakan Pengguna Facebook Karena Unggahan Pro-demokrasi

-

Jakarta

Pemerintah Vietnam memenjarakan pemuda, Nguyen Quoc Duc Vuong karena unggahan pro-demokrasi di media sosial Facebook. Dia dipenjara selama depan tahun karena tindakan tersebut.

Dilansir dari AFP, Selasa (7/7/2020), pria tersebut dituduh mencemarkan nama baik pemimpin negara tersebut dengan unggahan pro-demokrasi. Putusan pengadilan kilat tersebut dibacakan pada Selasa (7/7). Kelompok-kelompok hak asasi manusia memprotes sidang kilat tersebut.

Penahanan sejumlah jurnalis dan aktivis dalam beberapa bulan terakhir di Vietnam. Peristiwa itu terjadi menjelang kongres Partai Komunis yang berkuasa, yang dijadwalkan Januari 2021 mendatang.

Human Right Watch, menyebut, pria usia 29 tahun itu berbicara tentang dukungan terhadap demokrasi di Vietnam dan berbagai berita tentang protes pro-demokrasi di Hong Kong sebelum penangkapannya September lalu. Wakil direktur Human Rights Watch Asia Phil Robertson mengatakan hukuman Vuong “keterlaluan dan tidak dapat diterima”.

“Pemerintah Vietnam harus menghentikan tindakan keras terhadap para blogger dan aktivis, dan membebaskan semua orang yang telah mereka tahan karena mereka berani mengatakan apa yang dipikirkan,” tambahnya.

Sehari sebelumnya pengadilan yang sama menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada tujuh orang lain karena dituduh bermaksud menggulingkan partai Komunis.

(aik/aik)

Share this article

Recent posts

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Banjir Bandang, Pemkab Tetapkan Darurat Bencana Minahasa Tenggara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut), menetapkan status darurat bencana. Hal ini menyusul kejadian banjir bandang yang melanda dua kecamatan di daerah itu. "Melihat dampak dari banjir bandang ini, kami dari Pemkab Minahasa Tenggara menetapkan status darurat bencana," kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap seperti dilansir Antara, Selasa (21/9/2021).

8 Remaja yang Hendak Tawuran di Bogor Diamankan Polisi, Sajam Disita

Dua kelompok remaja yang menamai diri 'Win Family' dan 'Enjoy Italy' hendak tawuran pada Sabtu (19/9) malam di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Belum sempat beraksi, kedua kelompok tersebut dibekuk oleh Tim Jaguar Polres Metro Depok.

Bakamla RI Jelaskan Situasi Laut Natuna Utara Saat Ini

Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengungkap situasi Laut Natuna Utara saat ini. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan situasi terkendali dan para pelayan tak perlu khawatir dalam berkativitas.

Popular categories

Recent comments