Singsing Lengan Baju Pemimpin Negara Eropa Hadapi Pandemi di Masa Depan

-

Brussel

Corona (COVID-19) telah menghantam Eropa selama berbulan-bulan. Belajar dari pengalaman ini, para pemimpin negara Eropa pun menyingsingkan lengan bajunya agar siap menghadapi pandemi di masa yang akan datang.

Prancis, Jerman dan empat negara Uni Eropa lainnya pun mendesak Uni Eropa agar berperan lebih besar dalam persiapan menghadapi pandemi di masa depan. Sebab, Uni Eropa dianggap gagal dalam menanggapi pandemi Corona.

Seperti dilansir dari AFP, Rabu (10/6/2020), desakan itu disampaikan oleh para pemimpin negara Eropa. Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel bersama dengan para pemimpin Spanyol, Polandia, Belgia dan Denmark menulis surat yang meminta seharusnya ada “pendekatan Eropa bersama” guna tantangan pandemi di masa depan.

Mereka menyampaikan surat dan makalah kebijakan mereka kepada Ketua Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, dalam upaya terkuat oleh para pemimpin blok yang paling kuat untuk memacu eksekutif Uni Eropa guna memperbaiki perpecahan selama krisis Corona, terutama pada hari-hari paling awal.

Ketika wabah global pertama kali terjadi, negara-negara anggota mengistimewakan respons nasional dengan menutup perbatasan. Beberapa ada yang menimbun pasokan medis dan mengeluarkan rencana pengeluaran besar terlepas dari aturan UE.

Surat itu memberikan penekanan khusus pada kekurangan pasokan medis yang sangat dibutuhkan, namun dirasakan tidak merata di seluruh UE saat virus menyebar ke seluruh benua.

“Memahami kekurangan itu penting,” tulis para pemimpin tersebut.

“Ini termasuk pasokan yang cukup untuk alat pelindung diri (APD), peralatan medis, obat-obatan penting, dan vaksin,” lanjut surat tersebut.

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments