Malaysia Perpanjang Masa Lockdown Hingga 9 Juni

-

Kuala Lumpur

Pemerintah Malaysia memperpanjang masa Perintah Kawalan Pergerakan (MCO) atau lockdown. Lockdown diperpanjang hingga 9 Juni 2020.

Dilansir Channel News Asia (CNA), hal itu disampaikan Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yasin pada Minggu (10/5/2020). Muhyiddin mengatakan meskipun negara melihat banyaknya perkembangan positif dalam perjuangan melawan COVID-19, namun upaya tersebut belum sepenuhnya berhasil.

MCO sebelumnya dijadwalkan berakhir pada Selasa (12/5) mendatang.

“Berdasarkan opini publik, saya menyadari bahwa orang ingin pemerintah untuk terus mengambil langkah yang diperlukan untuk memerangi epidemi,” kata Muhyiddin.

“Karena itu, atas saran Kementerian Kesehatan dan Dewan Keamanan Nasional, saya ingin mengumumkan bahwa MCO bersyarat, yang diberlakukan hingga 12 Mei, akan diperpanjang hingga 9 Juni, yang merupakan empat minggu lagi,” sambungnya.

Ini merupakan kali keempat MCO diperpanjang. MCO yang sebelumnya mulai berlaku sejak 18 Maret lalu sebelumnya telah diperpanjang tiga kali, masing-masing selama dua minggu.

Di bawah MCO, tempat usaha dan sekolah yang tidak penting ditutup sementara. Perjalanan domestik dan internasional juga dilarang.

Ada tanda-tanda bahwa pembatasan telah berhasil menurunkan jumlah infeksi baru di Malaysia. Dari kenaikan tiga digit awal, kasus-kasus baru melambat hingga menjadi dua digit mulai pertengahan April.

Hingga Sabtu (9/5) kemarin, negara itu melaporkan total 6.589 kasus dan 108 kematian. Hampir 75 persen pasien telah pulih. Di seluruh negeri, 94,4 persen wilayah sekarang dikategorikan sebagai zona hijau – daerah tanpa infeksi baru selama dua minggu.

Pemerintah Malaysia juga sebelumnya telah melonggarkan lockdown. Mayoritas sektor ekonomi diperbolehkan beroperasi sejak 4 Mei lalu. Muhyiddin mengatakan diperkirakan 6,64 juta orang, atau hampir setengah dari tenaga kerja negara itu, telah kembali bekerja sejak MCO bersyarat diberlakukan.

(mae/dhn)

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments