AS Tuduh China-Rusia Tebar Konspirasi, Jubir Mike Pence Positif Corona

-

Jakarta

Amerika Serikat (AS) melontarkan tuduhan bahwa China dan Rusia berkoordinasi dalam menyebar konspirasi soal virus Corona (COVID-19). Sementara itu, juru bicara Wakil Presiden AS Mike Pence dinyatakan positif virus Corona.

Departemen Luar Negeri AS melaporkan adanya peningkatan kerja sama dalam ranah propaganda antara China dan Rusia untuk menebar konspirasi soal virus Corona.

Menurut AS, China mengintensifkan kampanye online untuk membela cara penanganan pandemi virus Corona yang dilakukannya dan untuk mengkritik AS. China disebut ‘semakin sering menggunakan teknik yang sejak lama dilakukan Moskow’. Teknik itu disebut ‘menebar perselisihan politik’.

Sementara itu, Katie Miller selaku juru bicara Pence dinyatakan positif virus Corona. Miller diketahui memiliki akses rutin ke dalam rapat-rapat yang dihadiri pejabat tinggi AS. Dia juga merupakan istri dari seorang penasihat senior Presiden AS Donald Trump bernama Stephen Miller.

Berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (9/5/2020):

– AS Tuduh China dan Rusia Berkoordinasi Sebar Konspirasi Virus Corona

Amerika Serikat (AS) kali ini menuduh China dan Rusia bekerja sama dan berkoordinasi dalam menyebar konspirasi soal pandemi virus Corona (COVID-19). AS menyebut China semakin mengadopsi teknik-teknik yang selama ini digunakan oleh Rusia.

“Bahkan sebelum krisis COVID-19, kami menilai ada koordinasi pada level tertentu antara Rusia dan PRC (Republik Rakyat China) dalam ranah propaganda,” sebut koordinator Pusat Keterlibatan Global pada Departemen Luar Negeri AS, Lea Gabrielle, seperti dilansir AFP, Sabtu (9/5/2020). Diketahui bahwa Pusat Keterlibatan Global atau Global Engagement Center pada Deplu AS memiliki tugas untuk melacak propaganda-propaganda asing.

“Tapi dengan adanya pandemi ini, kerja sama itu meningkat pesat,” tutur Gabrielle kepada wartawan setempat.

– Jubir Wapres AS Positif Virus Corona

Katie Miller, yang merupakan juru bicara Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Miller menjadi staf Gedung Putih kedua yang terinfeksi virus Corona dalam sepekan ini.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Sabtu (9/5/2020), Miller yang menjadi jubir untuk Pence diketahui memiliki akses rutin ke dalam rapat-rapat pejabat tinggi AS. Diketahui juga bahwa Miller merupakan istri dari seorang penasihat Presiden AS Donald Trump bernama Stephen Miller.

Informasi awal dari seorang pejabat senior pemerintahan AS yang enggan disebut namanya menyebut satu staf Pence telah diperiksa dan dinyatakan positif virus Corona pada pekan ini. Saat berbicara dalam sebuah acara dengan para anggota parlemen dari Partai Republik, Trump mengidentifikasi staf Pence itu sebagai ‘Katie’ dan menyebutnya bekerja dengan Pence sebagai ‘orang yang mengurusi pers’.

“Dia seorang wanita muda yang luar biasa, Katie, dia dites dengan hasil sangat baik untuk jangka waktu lama dan kemudian tiba-tiba hari ini, dia dinyatakan positif (virus Corona),” ucap Trump dalam pertemuan itu.

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments