Palestina Perpanjang Masa Darurat Corona Hingga 5 Juni

-

Ramallah

Otoritas Palestina mengumumkan perpanjangan masa darurat terkait pandemi virus Corona (COVID-19) hingga 5 Juni mendatang. Masa darurat ini diberlakukan di area-area Tepi Barat yang ada di bawah kekuasaan otoritas Palestina.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (5/5/2020), perpanjangan masa darurat ini diumumkan oleh Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, seperti dilaporkan kantor berita Palestina, Wafa News Agency, pada Selasa (5/5) waktu setempat.

Masa darurat yang mulai diberlakukan dua bulan lalu ini sama saja dengan lockdown yang mewajibkan warga Palestina untuk tetap di rumah, kecuali untuk urusan penting. Perlintasan perbatasan dengan Israel dan Yordania juga ditutup selama masa darurat.

Pembatasan-pembatasan ketat yang diberlakukan otoritas Palestina itu mulai dilonggarkan sejak bulan lalu. Sejumlah pusat bisnis diperbolehkan buka kembali dengan harapan bisa membangkitkan perekonomian Palestina yang lumpuh.

Pada Minggu (3/5) waktu setempat, pemerintahan Presiden Abbas mengizinkan puluhan ribu buruh Palestina kembali bekerja di Israel. Meski mulai ada pelonggaran, masjid-masjid dan institusi pendidikan masih tutup. Otoritas Palestina juga masih melarang perkumpulan massa.

Sejauh ini, otoritas Palestina melaporkan total 345 kasus virus Corona dengan dua kematian di Tepi Barat, yang menjadi tempat tinggal 3 juta warga Palestina.

Di Jalur Gaza, wilayah Palestina yang dikuasai Hamas — rival Presiden Abbas, dilaporkan ada 17 kasus virus Corona. Hamas diketahui menutup sementara masjid-masjid dan sekolah di Gaza, serta melarang perkumpulan massa dalam jumlah besar. Namun Hamas bersikeras menyatakan lockdown total tidak diperlukan.

Wilayah Tepi Barat dan Gaza diketahui berjarak 40 kilometer dan dipisahkan oleh Israel.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments