Wabah Corona Melanda Penjara Filipina, Hampir 10 Ribu Tahanan Dibebaskan

-

Manila

Hampir 10 ribu tahanan telah dibebaskan di Filipina, seiring negeri itu berjuang untuk meredam penyebaran virus Corona di penjara-penjara yang penuh sesak.

“Pengadilan sangat menyadari situasi penuh sesak di penjara-penjara kita,” kata hakim Mahkamah Agung Filipina, Mario Victor Leonen kepada para wartawan saat dia mengumumkan pembebasan 9.731 tahanan, seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (2/5/2020).

Langkah ini diambil menyusul perintah ke pengadilan-pengadilan negeri untuk membebaskan mereka yang dipenjara karena tak mampu membayar uang jaminan sembari menunggu proses persidangan.

Wabah COVID-19 dilaporkan terjadi di sejumlah penjara yang penuh sesak di negeri itu, yang berdampak pada para tahanan dan petugas penjara.

Wabah terparah sejauh ini ada di dua penjara di Pulau Cebu, di mana dua penjara tersebut mengumumkan total 348 kasus Corona di antara lebih dari 8 ribu tahanan.

Social distancing mustahil dilakukan di penjara-penjara Filipina, di mana sel-sel biasanya dihuni lima kali lebih banyak dari kapasitas.

Masalah penjara yang penuh sesak itu kian menjadi-jadi sejak Presiden Rodrigo Duterte memulai operasi pemberantasan narkoba pada tahun 2016, yang telah menyebabkan ribuan orang dipenjara.

(ita/ita)

Share this article

Recent posts

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Banjir Bandang, Pemkab Tetapkan Darurat Bencana Minahasa Tenggara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut), menetapkan status darurat bencana. Hal ini menyusul kejadian banjir bandang yang melanda dua kecamatan di daerah itu. "Melihat dampak dari banjir bandang ini, kami dari Pemkab Minahasa Tenggara menetapkan status darurat bencana," kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap seperti dilansir Antara, Selasa (21/9/2021).

8 Remaja yang Hendak Tawuran di Bogor Diamankan Polisi, Sajam Disita

Dua kelompok remaja yang menamai diri 'Win Family' dan 'Enjoy Italy' hendak tawuran pada Sabtu (19/9) malam di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Belum sempat beraksi, kedua kelompok tersebut dibekuk oleh Tim Jaguar Polres Metro Depok.

Bakamla RI Jelaskan Situasi Laut Natuna Utara Saat Ini

Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengungkap situasi Laut Natuna Utara saat ini. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan situasi terkendali dan para pelayan tak perlu khawatir dalam berkativitas.

Popular categories

Recent comments