Bicara Kasus Gowa, Tito Minta Razia PPKM Darurat Tak Pakai Kekerasan

-

Jakarta

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat atau PPKM darurat tidak enak. Menurutnya, hal ini membuat kebebasan warga berkurang.

“Memang PPKM tentunya pembatasan kegiatan itu pasti tidak akan mengenakkan, karena ini mengurangi freedom,” kata Tito dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Sabtu (17/7/2021).

Meski tak enak, kata Tito, hal ini tetap harus dilakukan demi keselamatan rakyat selama pandemi Corona. Dia mengingatkan PPKM darurat dilakukan demi kepentingan bersama.

“Tapi memang harus dilakukan dalam rangka untuk keselamatan rakyat,” tuturnya.

Tito kemudian menjelaskan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengawasan dan pendisiplinan warga dalam masa PPKM darurat. Dia meminta aparat yang bertugas saat PPKM darurat tidak menggunakan kekerasan.

“Bapak Presiden memberi penekanan agar dilakukan dengan cara-cara humanis, santun, manusiawi, tidak berlebihan meski tetap tegas. Mendisiplinkan masyarakat perlu ada langkah-langkah tegas,” tuturnya.

“Tidak menggunakan kekerasan,” sambung Tito.

Dia kemudian mencontohkan kasus pemukulan oleh oknum Satpol PP di Gowa. Tito mengaku langsung menelepon Bupati Gowa agar kasus itu segera diselesaikan.

“Contoh di Gowa, sudah lakukan penindakan, saya telepon Bupati, langsung dicopot,” tuturnya.

Meski demikian, Tito meminta semua aparat yang bertugas selama PPKM darurat tetap semangat. Dia mengatakan selalu ada tantangan dan risiko dalam bekerja.

“Jangan sampai kurangi moril. Ini risiko kita kerja, jaga jangan sampai emosi,” ujar Tito.

Lihat Video: Jokowi Soroti Satpol PP Gowa Pukul Pasutri: Memanaskan Suasana

[Gambas:Video 20detik]

(haf/idh)

Share this article

Recent posts

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Popular categories

Recent comments