PGI Kecam Pungli di TPU Cikadut Bandung: Bertentangan dengan Kemanusiaan

-

Jakarta

Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengecam tindakan pungli di pemakaman khusus COVID-19 TPU Cikadut, Bandung, Jawa Barat. PGI menilai perilaku oknum petugas pemakaman bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

“Perilaku petugas pemakaman sangat bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan. Terutama di saat seruan solidaritas sedang giat dikumandangkan oleh pemerintah dan semua pemuka agama untuk menanggulangi pandemi COVID-19,” ujar Humas PGI, Philip Situmorang dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/7/2021).

Philip turut mengapresiasi sikap tanggap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri yang melakukan penindakan tegas terhadap pelaku pungli. Philip berharap kasus tersebut tidak terulang di wilayah Jawa Barat mau pun di wilayah lainnya.

“Hendaknya seluruh elemen masyarakat dijauhkan dari tindakan tidak bermoral untuk mencari untung atau keselamatan sendiri di tengah bencana kemanusiaan yang dahsyat ini,” ujar Philip.

Lebih lanjut, Philip meminta agar pemerintah dapat memperketat pengawasan dan memperkuat edukasi serta literasi terkait hak-hak dan kewajiban bagi warga korban COVID-19. Selain itu, Philip juga meminta agar tidak ada diskriminasi di setiap rumah sakit saat melayani pasien.

“Di antaranya, pembiayaan penanganan pasien dan korban COVID-19 yang sepenuhnya disubsidi pemerintah,” tutur Philip.

“Supaya semua pelayanan RS dan pemakaman serta fasilitas layanan pasien COVID-19 dilakukan tanpa diskriminasi berdasarkan suku, agama dan ras,” imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Share this article

Recent posts

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Popular categories

Recent comments