Syarief Hasan Dorong Adanya Karantina Wilayah Minimal di Zona Merah

-

Jakarta

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan mendorong pemerintah untuk mengambil langkah yang lebih tegas dalam memutus penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan menerapkan karantina wilayah minimal di zona merah.

“Pemerintah sudah memiliki data sebaran COVID-19 di beberapa daerah. Seharusnya, pemerintah mengambil langkah lebih tegas dan berani untuk melakukan lockdown ataupun karantina wilayah untuk menekan penyebaran pada daerah zona merah yang menjadi episentrum COVID-19,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (28/6/2021).

Politisi Senior Partai Demokrat pun menilai agar pemerintah belajar terhadap negara-negara lain yang melakukan pembatasan ketat hingga lockdown untuk menekan laju COVID-19.

“Harusnya pemerintah banyak belajar dari negara tetangga, Malaysia yang melakukan lockdown pada saat angka harian COVID-19 mencapai 9.000 kasus dan bahkan akan membuka lockdown bila kasus baru harian di bawah 4000 orang,” tutur Syarief.

Menurutnya, dengan total kasus harian yang mencapai di atas 20.000 kasus, Indonesia sudah seharusnya mengambil langkah yang sama.

“Pemerintah harusnya melakukan karantina wilayah minimal pada daerah-daerah zona merah. Apalagi, banyak kajian yang menyebutkan bahwa kasus akan sulit ditekan selama tidak ada kebijakan yang lebih tegas,” jelasnya.

Lebih lanjut, Syarief pun mengingatkan pemerintah untuk menyelesaikan persoalan kesehatan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Ia meminta pemerintah agar memprioritaskan penekanan laju pandemi terlebih dahulu. Sebab menurutnya, hal itulah yang menjadi asal muasal berbagai masalah sosial ekonomi yang terjadi hari ini.

“Selesaikan masalah utamanya terlebih dahulu yakni penyebaran COVID-19 yang belum menurun, bahkan rakyat yang tertular COVID-19 harus antri di RS sampai berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan karena hampir semua rumah sakit penuh terisi pasien COVID-19. Pemerintah harus tampil menjelaskan kepada Rakyat mengapa dan apa langkah ke depan agar situasi saat ini bisa diatasi,” pungkasnya.

Simak Video “Semakin Meroket! Kasus Corona RI Tembus 15 Ribu Per 23 Juni
[Gambas:Video 20detik]
(akd/ega)

Share this article

Recent posts

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Popular categories

Recent comments