Satgas: Kenaikan Kasus Corona Mingguan Dampak Kegiatan Libur Idul Fitri

-

Jakarta

Satgas Penanganan COVID-19 mencatat adanya peningkatan kasus positif COVID-19 minggu ini. Peningkatan kasus Corona minggu ini merupakan dampak periode libur Idul Fitri 2021.

“Sangat disayangkan bahwa perkembangan pada minggu ini sangat tidak diharapkan, mengingat kita sempat mengalami penurunan kasus mingguan pada minggu lalu,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube BNPB, Kamis (17/6/2021).

Wiku menyebut kegiatan-kegiatan yang dilakukan masyarakat pada periode libur Idul Fitri tahun ini meningkatkan potensi penularan COVID-19. Adapun kegiatan-kegiatan dimaksud, di antaranya mengunjungi rumah saudara hingga kegiatan wisata.

“Adanya kenaikan ini menunjukkan masih terasanya dampak dari kegiatan-kegiatan pada periode libur Idul Fitri yang menimbulkan kerumunan dan meningkatkan potensi penularan, seperti mengunjungi rumah sanak saudara, melakukan perjalanan ke luar wilayah, melakukan wisata maupun menuju pusat perbelanjaan,” papar Wiku.

Oleh karena itu, Satgas Penanganan COVID-19 mengajak seluruh masyarakat untuk kembali memperketat protokol kesehatan. Satgas tak memungkiri penurunan kasus COVID-19 pada Februari 2021 bisa membuat masyarakat lengah menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk itu, seperti yang sudah saya ingatkan, mohon kepada seluruh lapisan masyarakat untuk kembali memperketat protokol kesehatan yang mungkin saja sudah lengah beberapa minggu ini,” sebut Wiku.

“Adanya penurunan kasus yang kita rasakan sejak bulan Februari tidak dapat dipungkiri bisa membuat kita lengah dan merasa pandemi telah usai. Namun kenyataannya, kenaikan pada minggu ini menunjukkan bahwa COVID masih ada dan pandemi ini masih nyata di hadapan kita semua,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Satgas Penanganan COVID-19 mengungkapkan adanya peningkatan kasus COVID-19 mingguan. Satgas mencatat terjadi peningkatan kasus Corona sebesar 38,3 persen.

“Selanjutnya, saya akan menyampaikan perkembangan kasus positif, meninggal dan sembuh mingguan per tanggal 13 Juni 2021. Terjadi kasus kenaikan kasus positif sebesar 38,3 persen secara nasional di minggu-minggu ini. Ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan,” ucap Wiku.

“Ini peningkatan dengan kenaikan ini dikontribusikan oleh DKI Jakarta, yaitu naik sebesar 7.132 kasus, Jawa Tengah naik 4.426 kasus, Jawa Barat naik 2.050 kasus, DI Yogyakarta naik 973 kasus dan Jawa Timur naik 939 kasus,” sambung dia.

(zak/imk)

Share this article

Recent posts

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Popular categories

Recent comments