HMI MPO Dorong Alih Kelola Blok Rokan Untungkan Riau

-

Jakarta

Pengelolaan Blok Rokan akan segera beralih dari Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) pada Agustus 2021 mendatang. Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO) mengkritisi dinamika ini.

HMI MPO mendorong agar transisi Blok Rokan ini bisa menguntungkan Riau sebagai tuan rumah pertambangan minyak tersebut. Caranya, pemerintah perlu menyiapkan regulasi yang menjamin keuntungan bagi Riau.

“Intervensi itu PP, Perpres, Permen, bila perlu secarik dua carik Perda Riau kalau bisa punya bargaining mengatur tetek bengek pengusahaan Blok Rokan itu. Sehingga impact-nya jelas meningkatkan besaran APBD Riau, dan secara alamiah memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Riau,” kata Sekretaris Jenderal PB HMI MPO, Zunnur Roin, sebagaimana disampaikan keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (15/5/2021).

HMI MPO tidak ingin peralihan kontrak karya Blok Rokan ke Pertamina hanya menjadi peralihan aspek formal pengusahaan antara negara dengan kontraktor migas saja. Provinsi Riau harus berperan. Zunnur yang merupakan putra daerah Riau ini menyampaikan pandangannya.

“Blok Rokan memang di Riau, tapi seluruh stakeholder di Riau tak punya peran teknis yang signifikan terkait peralihan kontrak karya Blok Rokan dari CPI ke Pertamina. Catat itu, betapa minimnya peran provinsi, hukum loh yang mengaturnya ” kata Zunnur yang kini tengah melanjutkan pendidikan master di UNPAD ini.

Sarjana Universitas Islam Riau (UIR) ini juga menyoroti perihal pengelolaan badan usaha adat. Dia tidak ingin pengelolaan semacam itu hanya jatuh menjadi pengelolaan untuk kepentingan sekelompok orang saja. Dia menaruh harapan pada Badan Usaha Milik Adat (BUMA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

“Kita berharap lebih LAM Riau tidak oportunis tapi sebagai leading sector perjuangan seluruh elemen terkait,” kata Zunnur.

Sekjen PB HMI MPO Zunnur Roin (Dok PB HMI MPO)

Zunnur tetap optimis, Riau mampu memperjuangkan Blok Rokan untuk dapat dimanfaatkan sebagai aspek pembangunan perekonomian daerah.

“Kita harus optimis dengan konsep perjuangan yang lebih otentik, bukan perjuangan yang bercorak sektoral. APBD Riau akan keropos jika metode perjuangannya tidak tepat. Politik hukum dan ekonomi bisnis masih bisa diambil sebagai celah. Memang Kontrak karya berganti, tapi timing-nya lama,” pungkas Zunnur.

Pertamina sendiri optimistis Blok Migas Rokan bakal dongkrak ekonomi Riau. Ini sudah disampaikan Pejabat Sementara Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut, Haryanto Syafri, 1 Maret lalu.

Selanjutnya, keterangan pihak Pertamina Hulu Rokan (PHR):

Share this article

Recent posts

Terlalu! Kepsek di Bima NTB Diduga Cabuli 20 Siswi SD

Seorang kepala sekolah (kepsek) di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), berinisial HS dilaporkan ke polisi. HS diduga melakukan pelecehan seksual terhadap 20 orang siswi sekolah dasar (SD). Kasus ini pun saat ini tengah ditangani oleh Unit PPA Polres Kota Bima.

Megawati Dapat Profesor Kehormatan, Jokowi Puji Perjuangkan Wong Cilik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas pengukuhan gelar profesor Megawati Soekarnoputri. Jokowi memuji Megawati sebagai sosok yang memperjuangkan wong cilik. "Pertama-tama saya menyampaikan selamat kepada Ibu Megawati Soekarnoputri atas pengukuhan sebagai profesor kehormatan ilmu pertahanan untuk bidang kepemimpinan strategis Universitas Pertahanan Republik Indonesia," kata Jokowi saat memberikan pidato pengukuhan gelar profesor kehormatan Megawati lewat…

Komisi VIII Ungkap Sulitnya Berangkatkan Haji: Tak Seperti Serang ke Jakarta

Pemerintah secara resmi telah mengumumkan bahwa Indonesia tidak akan memberangkatkan warganya untuk ibadah haji ke Arab Saudi tahun 2021. Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengungkap sejumlah kendala yang dihadapi jika memberangkatkan haji di tengah pandemi Corona.

5 Gerai McD di Jakbar Ditutup Imbas Kerumunan Order BTS Meal

Lima gerai McDonald's di Jakarta Barat ditutup sementara. Penutupan ini imbas kerumunan ojek online yang menerima orderan BTS Meal. Lima gerai McDonalds yang ditutup di Jakarta Barat, yaitu dua gerai McDonalds di Kembangan, dua gerai McDonalds di Kebon Jeruk dan satu gerai McDonalds di Palmerah.

Bobby Jelaskan soal Batas Usia 60 Tahun Penerima Dana Pelayan Warga

Wali Kota Medan Bobby Nasution membuat batasan bagi penerima dana jasa pelayanan kepada warga pelayan masyarakat. Bobby menjelaskan soal alasan batas usia 60 tahun bagi para penerima dana tersebut. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota Medan Nomor 17/2021 tentang Pemberian Dana Jasa Pelayanan Kepada Warga Pelayan Masyarakat. Batas usia tersebut tertera di poin ke-38…

Popular categories

Recent comments