Ditegur Menhub, KCI Tambah 6 Kereta Antisipasi Penumpukan Penumpang

-

Jakarta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegur PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) karena melihat adanya penumpukan di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. PT KCI memastikan akan mengantisipasi penumpukan penumpang sesuai arahan Menhub.

“KAI Commuter terus melakukan antisipasi layanan KRL Jabodetabek pada masa libur Lebaran ini. Antisipasi lebih lanjut juga dilakukan sesuai hasil dari kunjungan Bapak Menteri Perhubungan ke Stasiun Manggarai pada Jumat pagi (14/5) ini,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/5/2021).

Anne mengatakan, selama masa Lebaran 2021, KRL beroperasi terbatas. Mulai siang ini, lanjutnya, PT KCI akan menambah jadwal perjalanan KRL untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan.

“Selama masa Lebaran KAI Commuter beroperasi terbatas dengan jam operasional 04.00-20.00 WIB setiap harinya, menjalankan 886 perjalanan KRL. Untuk antisipasi kepadatan lebih lanjut, KAI Commuter mulai siang ini akan mengoperasikan setidaknya enam jadwal perjalanan kereta tambahan yang sebelumnya selama masa larangan mudik 6-17 Mei tidak dijalankan,” tuturnya.

Selain itu, kata Anne, pihaknya akan menambah petugas di stasiun untuk menertibkan protokol kesehatan. Dia memastikan, petugas akan dengan tegas mengatur penggunaan masker dan menjaga jarak.

“Petugas akan tegas mengatur penggunaan masker sesuai aturan dan mengupayakan jaga jarak diantara para pengguna. Penambahan petugas untuk menertibkan protokol kesehatan juga akan dilakukan di sejumlah stasiun yang berpotensi padat antara lain Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Bogor, serta Stasiun Bekasi,” kata Anne.

Lebih lanjut, Anne mengakui adanya peningkatan jumlah penumpang KRL di masa libur Lebaran ini. Dia mengungkapkan, di hari kedua Lebaran pada pukul 10.00 WIB, tercatat ada 70.906 penumpang KRL.

“Pada hari kedua Lebaran ini terlihat ada peningkatan jumlah pengguna yang memanfaatkan jasa layanan KRL, dan kebanyakan adalah para pengguna musiman. Hingga pukul 10:00 WIB pada 14 Mei ini tercatat 70.906 pengguna telah menggunakan jasa KRL,” papar dia.

Sementara, pada hari Lebaran kemarin, penumpang KRL mencapai 226.767 orang. Angka tersebut meningkat dari hari sebelumnya yang mencapai 212.373 orang.

“Sementara pada hari Lebaran pertama kemarin (13 Mei) total jumlah pengguna jasa KRL Commuter Line sepanjang hari tersebut adalah 226.767. Tren jumlah pengguna KRL yang turun juga sudah terlihat sejak satu hari sebelum Lebaran dimana jumlah pengguna KRL pada 12 Mei hanya 212.373 pengguna,” kata Anne.

(mae/bar)

Share this article

Recent posts

Terlalu! Kepsek di Bima NTB Diduga Cabuli 20 Siswi SD

Seorang kepala sekolah (kepsek) di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), berinisial HS dilaporkan ke polisi. HS diduga melakukan pelecehan seksual terhadap 20 orang siswi sekolah dasar (SD). Kasus ini pun saat ini tengah ditangani oleh Unit PPA Polres Kota Bima.

Megawati Dapat Profesor Kehormatan, Jokowi Puji Perjuangkan Wong Cilik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas pengukuhan gelar profesor Megawati Soekarnoputri. Jokowi memuji Megawati sebagai sosok yang memperjuangkan wong cilik. "Pertama-tama saya menyampaikan selamat kepada Ibu Megawati Soekarnoputri atas pengukuhan sebagai profesor kehormatan ilmu pertahanan untuk bidang kepemimpinan strategis Universitas Pertahanan Republik Indonesia," kata Jokowi saat memberikan pidato pengukuhan gelar profesor kehormatan Megawati lewat…

Komisi VIII Ungkap Sulitnya Berangkatkan Haji: Tak Seperti Serang ke Jakarta

Pemerintah secara resmi telah mengumumkan bahwa Indonesia tidak akan memberangkatkan warganya untuk ibadah haji ke Arab Saudi tahun 2021. Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengungkap sejumlah kendala yang dihadapi jika memberangkatkan haji di tengah pandemi Corona.

5 Gerai McD di Jakbar Ditutup Imbas Kerumunan Order BTS Meal

Lima gerai McDonald's di Jakarta Barat ditutup sementara. Penutupan ini imbas kerumunan ojek online yang menerima orderan BTS Meal. Lima gerai McDonalds yang ditutup di Jakarta Barat, yaitu dua gerai McDonalds di Kembangan, dua gerai McDonalds di Kebon Jeruk dan satu gerai McDonalds di Palmerah.

Bobby Jelaskan soal Batas Usia 60 Tahun Penerima Dana Pelayan Warga

Wali Kota Medan Bobby Nasution membuat batasan bagi penerima dana jasa pelayanan kepada warga pelayan masyarakat. Bobby menjelaskan soal alasan batas usia 60 tahun bagi para penerima dana tersebut. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota Medan Nomor 17/2021 tentang Pemberian Dana Jasa Pelayanan Kepada Warga Pelayan Masyarakat. Batas usia tersebut tertera di poin ke-38…

Popular categories

Recent comments