Wali Kota Jakpus Pastikan Tidak Ada Ziarah di TPU Karet Bivak

-

Jakarta

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma meninjau kegiatan peniadaan ziarah kubur di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dia hendak memastikan arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terlaksana.

“Jadi kunjungan hari ini untuk memastikan tidak adanya aktivitas ziarah yang ada di TPU Karet Bivak,” kata Dhany Sukma kepada wartawan di lokasi, Kamis (13/5/2021).

Dhany mengungkapkan, peniadaan kegiatan ziarah bertujuan untuk mencegah terjadinya kerumunan. Penutupan tempat pemakaman pun akan dilaksanakan mulai tanggal 12 Mei hingga 16 Mei mendatang.

“Ini hanya untuk kaum peziarah saja tidak direkomendasikan berdasarkan seruan Gubernur dari mulai tanggal 12-16 Mei untuk tidak melakukan ziarah di area pemakaman umum, yang tujuannya jelas untuk menghindari kerumunan,” ujarnya.

Namun, kegiatan pemakaman tetap diperbolehkan. Dhany menjelaskan, untuk mencegah adanya peziarah yang tetap nekat, pihak pemakaman akan melakukan penjagaan lebih ketat.

“Ya kita siapkan pos pos penjagaan dan spanduk-spanduk peringatan. Di depan juga ada petugas yang berjaga untuk menghimbau agar peziarah tidak masuk ke area pemakaman,” ungkapnya.

Namun, untuk makam-makam yang berada di luar batas pagar TPU Karet Bivak pihak Pemprov menyerahkan kepada masyarakat untuk dikelola secara wakaf.

“Jadi di kelola secara wakaf, di internal mereka. Kalau persoalan seperti pendekatannya juga berbeda dengan TPU Karet Bivak,” kata Dhany.

Untuk diketahui, Anies Baswedan mengatakan kegiatan ziarah di TPU di Jabodetabek ditiadakan mulai 12 hingga 16 Mei mendatang. Hal ini untuk mengurangi mobilisasi warga lintas wilayah selama Lebaran. Namun kegiatan pemakaman tetap bisa dilakukan.

“Kegiatan ziarah kubur ditiadakan mulai ditiadakan tanggal 12 Mei sampai dengan hari minggu 16 Mei, seluruh pemakaman di Jabodetabek akan ditutup dari pengunjung untuk ziarah tetapi kegiatan untuk pemakaman sendiri berjalan di tempat-tempat pemakaman itu, nanti diatur oleh dinas yang mengelola pemakaman,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Senin (10/5).

(aud/aud)

Share this article

Recent posts

Bupati Tapteng Bangun Kembali 2 Rumah Warga Manduamas yang Terbakar

Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat laporan 2 unit rumah warganya terkena musibah kebakaran. Bakhtiar pun segera melakukan tindakan cepat untuk membantu dan membangun kembali dua rumah warganya yang mengalami kebakaran di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Tapteng.

Azis Syamsuddin Bungkam Setelah Ditahan KPK

KPK resmi menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka dalam kasus suap penanganan perkara dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. Azis bungkam setelah ditahan oleh KPK. Pantauan detikcom pada pukul 01.03 WIB, Sabtu (25/9/2021), Azis keluar dari gedung KPK, Jakarta Selatan, tanpa memberikan sepatah kata pun. Dengan tangan terborgol dan berompi tahanan…

Puan Wanti-wanti Pemerintah soal Lonjakan Corona di Libur Akhir Tahun

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah terkait potensi terjadinya kembali lonjakan Corona (COVID-19) saat libur akhir tahun. Puan meminta agar pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 khususnya di wilayah dengan mobilitas tertinggi.

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Popular categories

Recent comments