Harimau Kembali Masuk Permukiman Warga Sumbar, 7 Anjing Dimangsa

-

Padang

Seekor harimau Sumatera dilaporkan masuk ke permukiman warga Nagari Tigo Koto Silungkang. Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Sebanyak tujuh ternak anjing milik warga mati dimangsa.

“Kami mendapat laporan dari Amir Hamzah, salah seorang warga Palembayan, di mana anjing-anjing ternak warga, termasuk milik Pak Amir, mati dimangsa satwa liar,” kata Kepala BKSDA Agam, Ade Putra kepada wartawan, Senin (26/4/2021) malam.

Tim BKSDA Resor Agam yang menerima laporan baru mendatangi tempat kejadian pada Senin sore. Sebab pada saat bersamaan, BKSDA sedang menangani konflik antara manusia dan satwa Harimau Sumatera di jorong Cubadak Lilin nagari Tigo Balai kecamatan Matur yang menyebabkan 6 ekor ternak dimangsa.

“Hasil pengumpulan data, diketahui sebanyak tujuh ekor ternak anjing milik warga mati karena dimangsa satwa liar yang diduga jenis harimau Sumatera,” kata dia.

Pemilik ternak Anjing, Novi (40) menuturkan, dua ekor ternak anjing miliknya dimangsa bergiliran pada malam berbeda. Anjing tersebut diterkam dan diseret dari pondoknya ke arah pinggir ladang. Di sekitar bangkai anjing ditemukan banyak jejak menyerupai tapak kaki harimau.

BKSDA belum dapat menyimpulkan harimau yang menyerang ternak anjing tersebut merupakan individu yang sama dengan harimau yang menerkam ternak kerbau warga di Matur, beberapa hari sebelumnya. Identifikasi lapangan untuk mencari dan mengumpulkan data-data tanda keberadaan satwa berupa jejak, cakaran dan kotoran akan dilakukan untuk memastikan jenis dan individu satwa.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Share this article

Recent posts

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Misteri Perusak Patung Ikon di Sulbar Dirusak Bikin Gempar

Video viral beredar menunjukkan seorang pria bermartil menghancurkan patung di salah satu sudut Polewali Mandar. Misteri masih belum terungkap, kenapa pria itu menghancurkan patung? Dalam salah satu potongan video pendek yang beredar di media sosial, tampak pria bermartil memukul-mukul Patung Tani yang tinggi menjulang. Peristiwa ini ternyata mengambil tempat di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar,…

Dua Lembaga BPJS Akan Integrasikan Data Layanan Jaminan Sosial

BPJS Kesehatan dan BPJAMSOSTEK akan mengintegrasikan data layanan program jaminan sosial dan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) secara spesifik. Dengan adanya integrasi data tersebut diharapkan akan meningkatkan mutu layanan yang diterima peserta.

Duka Bocah Vino Jadi Yatim Piatu Gegara Corona

Sungguh malang nasib seorang bocah di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, bernama Alviano Dava Raharjo alias Vino. Bocah berusia 10 tahun itu harus kehilangan kedua orang tuanya gara-gara Corona (COVID-19).

Popular categories

Recent comments