Tentang Rape Jokes TikTokers Haga Mars yang Tidak Lucu Sama Sekali

-

Jakarta

Pemilik akun TikTok Haga Mars ramai dikecam setelah membuat konten video rape jokes (lelucon pemerkosaan) yang berujung pada sexual harassment (pelecehan seksual). Rape jokes merupakan jenis lelucon kontroversial yang dinilai melanggengkan budaya patriarki.

Mulanya, sejumlah video akun TikTok @hagamars2 itu ramai diperbincangkan netizen dan menuai kecaman. Dilihat detikcom, salah satu video yang dikecam adalah saat pemuda ini berpakaian ala dokter kandungan yang baru saja membantu proses persalinan. Dia dikecam karena aktingnya dinilai menjurus ke ekspresi mesum dan berbau rape jokes.

Rape jokes adalah lelucon yang mengambil cerita pemerkosaan sebagai topiknya untuk memicu gelak tawa. Beth Anne Cooke-Cornell dari Wentworth Institute of Technology mengungkapkan rape jokes sering kali tak lucu. Dalam makalahnya yang berjudul ‘Rape Jokes in the Era of #MeToo’, rape jokes merupakan kultur yang sudah lama ada dalam dunia standup comedy di Amerika Serikat. Sejak 1990-an, lelucon tabu ini kerap diangkat menjadi premis para komedian.

Namun, dalam praktiknya, rapes jokes menjadi bahan perdebatan. Sebab, rape jokes bisa menjadi lucu atau tidak lucu. Tapi yang terjadi sering kali justru ketidaklucuan. Bahkan Beth menurut Anne, rape jokes adalah sesuatu yang usang karena justru memperkuat maskulinitas beracun (toxic masculinity) dan melanggengkan budaya patriarki.

Sementara itu, The Guardian pernah menerbitkan artikel berjudul ‘Can a rape joke ever be funny? Sexual assault survivors find out’. Artikel ini merekam pengalaman para penyintas pemerkosaan yang mengangkat pengalaman mereka menjadi bahan rape jokes di tur standup comedy. Lalu apakah rape jokes yang dibawakan oleh para penyintas ini memicu gelak tawa penonton? Tidak. Para penonton justru merasa tidak nyaman, meskipun rape jokes itu dibawakan oleh para penyintas.

Tonton juga Video: Kontroversi Video TikTok dr Kevin Samuel yang Berujung Sanksi IDI

[Gambas:Video 20detik]

Share this article

Recent posts

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Misteri Perusak Patung Ikon di Sulbar Dirusak Bikin Gempar

Video viral beredar menunjukkan seorang pria bermartil menghancurkan patung di salah satu sudut Polewali Mandar. Misteri masih belum terungkap, kenapa pria itu menghancurkan patung? Dalam salah satu potongan video pendek yang beredar di media sosial, tampak pria bermartil memukul-mukul Patung Tani yang tinggi menjulang. Peristiwa ini ternyata mengambil tempat di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar,…

Dua Lembaga BPJS Akan Integrasikan Data Layanan Jaminan Sosial

BPJS Kesehatan dan BPJAMSOSTEK akan mengintegrasikan data layanan program jaminan sosial dan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) secara spesifik. Dengan adanya integrasi data tersebut diharapkan akan meningkatkan mutu layanan yang diterima peserta.

Duka Bocah Vino Jadi Yatim Piatu Gegara Corona

Sungguh malang nasib seorang bocah di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, bernama Alviano Dava Raharjo alias Vino. Bocah berusia 10 tahun itu harus kehilangan kedua orang tuanya gara-gara Corona (COVID-19).

Popular categories

Recent comments