Andre Rosiade: Mendag Tepati Janji ke Sumbar, Lihat Revitalisasi Pasar

-

Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Sumatera Barat (Sumbar). Dalam kunjungannya, Lutfi diketahui akan memastikan lokasi rencana rehabilitasi Pasar Fase VII Pasar Raya Padang dan revitalisasi Pasar Bawah Bukittinggi seperti yang diusulkan anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade.

Sebagai informasi, Lutfi sebelumnya telah menyetujui penggunaan dana pusat untuk rehabilitasi kedua pasar pada pertemuannya dengan Andre Rosiade dan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar. Ia menekankan pembangunan bukan dibangun oleh pihak ketiga atau investor sebab sejak awal telah ditentang oleh para pedagang terutama di Kota Padang.

Sementara itu, Andre Rosiade yang juga ketua DPD Partai Gerindra Sumbar mengungkap Lutfi telah memastikan kedatangannya sejak pekan lalu untuk melihat langsung kondisi dua pasar tersebut. Ia menyebutkan bangunan pasar dinilai sudah tidak layak lagi beroperasi dan harus segera dimodernisasi.

“Pak Mendag akan menepati janjinya berkunjung ke Sumbar jelang Ramadhan ini. Tak tanggung-tanggung, dia langsung meminta melihat dua titik pasar yang insyaallah akan dibangun oleh APBD pada tahun 2022. Bahkan, Mendag meminta Pemko Padang dan Pemko Bukittinggi menyiapkan DED (detail engineering design) atau rancangan bangunan,” kata Andre dalam keterangan tertulis, Minggu (4/4/2021).

Ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini pun mengatakan mulanya usulan rehabilitasi Pasar Fase VII ini datang dari pedagang yang tak ingin dibangun oleh investor. Ia melanjutkan pedagang menilai hal tersebut akan membahayakan dan merugikan mereka yang sudah puluhan tahun berusaha di lokasi itu.

Guna mempercepat pembangunan, kata Andre, dia juga telah bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Andre menyebutkan Menteri PUPR juga mendukung penuh rencana itu. Bahkan, lanjutnya, Tim Kementerian PUPR bersama Kemendag juga telah turun ke lokasi Fase VII dan Pasar Bawah pada 17 Maret 2021 lalu.

Diketahui, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar juga menanti revitalisasi pasar ‘legend’ di Bukittinggi itu. Erman menilai kondisi pasar sudah tidak layak huni dan sering tergenang air karena posisinya berada di bawah saluran air.

Lebih lanjut, ia menyebutkan revitalisasi pasar ini setidaknya membutuhkan dana Rp 400 miliar yang hanya bisa dibangun oleh pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perdagangan Padang Andree Algamar pun mengungkap akan menyambut penuh kedatangan Mendag ke Padang. Menurutnya, pembangunan Fase VII memang hanya bisa dimaksimalkan dengan dana pusat sebab biayanya mencapai ratusan miliar Rupiah.

Selain itu, Ketua Kesatuan Pedagang Pasar (KPP) Padang Asril Manan mengaku lega dengan rencana pembangunan Fase VII oleh pemerintah pusat. Ia mengatakan dengan rencana tersebut ketakutan pedagang akan masuknya investor sedikit sirna. Asril pun menyebutkan para pedagang menunggu aksi nyata dari pusat.

“Kami sudah dengar kabar dari pak Andre Rosiade kalau pak Menteri betul yang datang. Dari Dirjen Perdagangan Dalam Negeri juga sudah menghubungi dan ingin berdialog langsung dengan pedagang. Kami berterima kasih atas kerja nyata pak Andre Rosiade agar pasar ini dibangun,” kata Asril. (prf/ega)

Share this article

Recent posts

Panglima TNI-Kapolri Sidak ke 3 Titik di DKI, Minta PPKM Mikro Diperkuat

Menkes Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tiga lokasi di wilayah DKI Jakarta terkait PPKM Mikro. Ketiga pos PPKM Mikro yang mereka tinjau berada di Kelurahan Jagakarsa, Jaksel; Kelurahan Pondok Kelapa, Jaktim; dan Kelurahan Cengkareng Timur, Jakbar.

Pengumuman! 8 Ruas Jalan di Palembang Bakal Disekat Mulai Malam Ini

Kasus Corona di Sumatera Selatan (Sumsel) semakin melonjak. Polisi pun mulai menerapkan pembatasan mobilitas di sejumlah ruas jalan di Palembang. Data yang diterima detikcom, total kasus Corona di Sumsel per Selasa (22/6/2021) mencapai 27.381. Kemarin tambahan kasus Corona di Jakarta sebanyak 150. Sementara total kasus sembuh ada 24.643 pasien dan akumulasi kasus meninggal ada 1.384…

Sakit Hati Usai Saling Ejek, Seorang Pria di Sumut Bunuh Rekan Kerjanya

Polisi menangkap seorang pria berinisial Z (27) di Sumatera Utara. Pria ini diduga telah membunuh rekan kerjanya. Z adalah warga Jl Veteran, Kecamatan Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Dia membunuh rekannya pada Sabtu (19/6/2021) kemarin.

Corona RI Tembus 2 Juta, Hanya Maluku yang Nihil Kasus Baru

Akumulasi kasus positif virus Corona (COVID-19) melonjak menjadi 2 juta kasus. Dari penambahan 14.536 kasus hari ini, hanya Maluku yang nihil penambahan kasus positif. Informasi tersebut dapat dilihat dari data yang dibagikan oleh BNPB pada Senin (21/6/2021). Di Maluku, pada 20 Juni 2021, jumlah kasus positif sebanyak 8.057 kasus. Dengan begitu, kasus di Maluku tetap…

Kerap Palak Warga, 3 Preman Berkedok Polisi di Makassar Diringkus

Polisi menangkap tiga preman di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang kerap memalak warga. Saat memalak, pelaku kerap memakai identitas polisi untuk meyakinkan para korbannya. "Personil tim 2 Thunder dan Patmor Unit 3 Turjawali Dit Samapta Polda Sulsel melakukan penangkapan 3 orang pelaku aksi premanisme berupa pemalakan dan pemerasan terhadap pedagang kaki lima, hotel dan pedagang…

Popular categories

Recent comments