Sosialisasi 4 Pilar di Kampung Arab, MPR Kisahkan Partai Persatuan Arab

-

Jakarta – Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menyosialisasikan Empat Pilar MPR di Kampung 10 Ilir, Kota Palembang, Sumatera Selatan atau yang dikenal sebagai Kampung Arab. Sebab kampung itu mayoritas warga yang ada di tepi Sungai Musi itu merupakan keturunan Arab.

Fadel menjelaskan Empat Pilar MPR itu adalah Pancasila, UUD, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Mantan Politisi Partai Golkar itu menuturkan bila kita ingin membangun rumah yang kokoh maka diperlukan dasar dan pilar negara yang kuat.

“Demikian pula bila kita ingin membangun negara maka diperlukan dasar dan pilar negara yang kuat,” ujar dia dalam keterangannya, Rabu (31/3/2021).

Mantan Gubernur Gorontalo itu juga menyampaikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki luas wilayah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dan dari Talaud hingga Rote. Di wilayah Indonesia, tinggal penduduk yang beragam suku, bahasa, agama, dan budaya.

“Meski kita berbeda-beda namun kita bersatu seperti dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Keragaman yang ada inilah menurutnya perlu dijaga. Ia ingin Indonesia tidak pecah. Lepasnya Provinsi Timor Timur yang selanjutnya menjadi negara Timor Leste diharap tidak terulang.

“Sampai sekarang kita masih diganggu dengan gerakan separatisme yang terjadi di Papua”, tuturnya.

Menurut Fadel, adanya gerakan separatisme dikarenakan ada kelompok yang ingin bermain. Sebab Papua adalah daerah yang kaya raya potensi alam.

Ia pun menegaskan agar kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan supaya bangsa ini tetap utuh. Mendahulukan persatuan dan kesatuan untuk kepentingan bangsa, Fadel menceritakan sejarah keberadaan orang-orang Arab di Indonesia.

Diungkapkannya, dulu ada Partai Persatuan Arab. Keberadaan partai itu menurutnya sangat kuat. Partai ini disebut oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan sangat nasionalis. Mereka menyatakan akan bubar bila Indonesia sudah merdeka.

“Sementara partai yang dimobilisasi oleh orang-orang Arab di Malaysia dan Singapura masih berdiri,” tuturnya.

Partai Persatuan Arab membubarkan diri setelah Indonesia merdeka sebab menurut Fadel karena orang-orang Arab menyatakan bahwa bumi, tanah, dan air sudah menjadi milik bangsa Indonesia.

“Orang Arab di Indonesia memilih melebur diri menjadi Indonesia. Tak hanya itu, para keturunan orang Arab pun setia menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Betapa hebatnya orang Arab yang setia pada Indonesia,” ujarnya.

Fadel juga mengatakan sebagai bangsa yang besar dan beragam, bangsa Indonesia memiliki potensi untuk pecah seperti Uni Soviet dan Yugoslavia. Dirinya menegaskan pentingnya semua untuk menjaga potensi-potensi disintegrasi bangsa tidak terjadi.

“Pentingnya kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” paparnya. (mul/mpr)

Share this article

Recent posts

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

PPKM Level 4 Berlaku Besok, Kapasitas Angkutan Umum-Taksi Online 50%

Penerapan PPKM level 4 berlaku mulai besok hingga 2 Agustus 2021. Angkutan umum hingga taksi online boleh beroperasi selama PPKM level 4, dengan kapasitas 50 persen. "Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa/rental diberlakukan pengaturan kapasitas maksimum 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Menko Kemaritiman dan…

Popular categories

Recent comments