Hari Pertama Ganjil Genap di Bogor, 5.000 Lebih Kendaraan Diputar Balik

-

Jakarta

Lebih dari 5.000 kendaraan diputar balik di hari pertama penerapan aturan ganjil genap di Kota Bogor, Jawa Barat. Kapolresta Bogor Kota, Kombes Susatyo Purnomo Condro, mengatakan total ada 5.182 kendaraan yang diminta untuk putar balik.

“Jumlah total kendaraan yang diputar R4 (roda empat) 2.336 kendaraan, R2 (roda dua) 2.856 kendaraan (total 5.182),” ujar Susatyo melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (6/2/2021).

Susatyo menjelaskan data tersebut tercatat dari pukul 08.00-19.00 WIB. Ada sejumlah titik yang menjadi lokasi check point dari penerapan aturan ganjil genap tersebut.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mulai menerapkan pemberlakuan sistem ganjil genap akhir pekan sejak pagi tadi. Aturan ganjil-genap ini tidak dilakukan untuk mengatasi kemacetan, namun untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Jadi ganjil-genap bukan terkait kemacetan lalu lintas, tapi terkait protokol kesehatan, sehingga sanksinya bukan tilang, tapi pelanggaran prokes dari perwali,” ujar Kapolres Bogor Kombes Susatyo Purnomo Condro saat dihubungi detikcom, Sabtu (6/2).

Susatyo menjelaskan alasan aturan ganjil-genap ini hanya diberlakukan pada akhir pekan. Menurutnya, dari hasil evaluasinya bersama Satgas COVID-19 Kota Bogor, pada akhir pekan banyak orang dari luar kota yang masuk ke Bogor, sekitar 100-200 ribu orang.

“Karena di akhir pekan itulah, berdasarkan hasil evaluasi Satgas COVID-19 Kota Bogor, akhir pekan itu padat di Kota Bogor. Karena masuk juga orang-orang dari luar Kota Bogor, yang bisa mencapai 100 ribuan. Itu bisa 100-200 ribu masuk Kota Bogor. Karena Ciawi dihadang menggunakan rapid test, rata-rata mereka masuk ke Kota Bogor untuk melakukan kuliner dan sebagainya. Makanya titik rawannya pas saat weekend kami lakukan itu,” katanya.

Susatyo mengatakan sistem ganjil-genap sejatinya akan diberlakukan untuk semua kendaraan. Namun, tetap ada pengecualian untuk kendaraan seperti ojek online (ojol) hingga kendaraan pengangkut sembako.

Berikut rincian jumlah kendaraan yang diminta putar balik sesuai titik check point:

A. POS SEKAT

1. GT. BOGOR
R4 : 396
R2 : NIHIL

2. CIAWI
R4 : 75 kendaraan
R2 : 95 kendaraan

3. BUBULAK
R4 : 98 kendaraan
R2 : 126 kendaraan

4. GUNUNG BATU
R4 : kendaraan
R2 : 750 kendaraan

5. TAMAN YASMIN
R4 : 350 kendaraan
R2 : 440 kendaraan

6. POMAD
R4 : 45 kendaraan
R2 : 280 kendaraan

B. CHECK POINT

1. TUGU KUJANG
R4 : 140 kendaraan
R2 : 180 kendaraan

2. BANTARJATI
R4 : 67 kendaraan
R2 : 160 kendaraan

3. SIMPANG HARUPAT
R4 : 170 kendaraan
R2 : 235 kendaraan

4. EKALOKASARI
R4 : 73 kendaraan
R2 : 136 kendaraan

5. AIR MANCUR
R4 : 115 kendaraan
R2 : 130 kendaraan

6. IRAMA NUSANTARA
R4 : 94 kendaraan
R2 : 174 kendaraan

7. SIMPANG RSUD KOTA BOGOR
R4 : 80 kendaraan
R2 : 150 kendaraan

(man/jbr)

Share this article

Recent posts

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Banjir Bandang, Pemkab Tetapkan Darurat Bencana Minahasa Tenggara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut), menetapkan status darurat bencana. Hal ini menyusul kejadian banjir bandang yang melanda dua kecamatan di daerah itu. "Melihat dampak dari banjir bandang ini, kami dari Pemkab Minahasa Tenggara menetapkan status darurat bencana," kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap seperti dilansir Antara, Selasa (21/9/2021).

8 Remaja yang Hendak Tawuran di Bogor Diamankan Polisi, Sajam Disita

Dua kelompok remaja yang menamai diri 'Win Family' dan 'Enjoy Italy' hendak tawuran pada Sabtu (19/9) malam di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Belum sempat beraksi, kedua kelompok tersebut dibekuk oleh Tim Jaguar Polres Metro Depok.

Bakamla RI Jelaskan Situasi Laut Natuna Utara Saat Ini

Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengungkap situasi Laut Natuna Utara saat ini. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan situasi terkendali dan para pelayan tak perlu khawatir dalam berkativitas.

Popular categories

Recent comments