TNI Kerahkan Helikopter untuk Kirim Logistik ke Desa Datar Ajab Kalsel

-

Hulu Sungai Tengah

Satu unit Helikopter TNI dikerahkan untuk mengirim logistik ke lokasi banjir dan longsor di Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Pengiriman dengan helikopter ini dikarenakan akses darat yang sulit dilalui.

Komandan Korem 101 Antasari Brigjen Firmansyah mengatakan bantuan yang dikirim dipusatkan ke kawasan terdampak langsung banjir bandang dan longsor. Pengiriman dilakukan dalam dua kali perjalanan setiap harinya.

“Ini merupakan bantuan kemanusiaan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) untuk korban banjir Kalsel, terutama masyarakat Desa Datar Ajab di Kecamatan Hantakan. Karena sulitnya akses kendaraan menuju lokasi desa Datar Ajab dan sekitarnya karena kondisi medan akibat tanah longsor, sehingga pengiriman logistik pun dilakukan dengan menggunakan heli TNI AD,” kata Antasari kepada wartawan, Rabu (27/01/2021).

Antasari mengatakan bantuan logistik itu diberikan langsung ke daerah yang terisolir. Helikopter didaratkan langsung ke tempat yang aman sehingga barang-barang yang dikirim tidak rusak.

“Ini merupakan salah satu upaya dari negara untuk bisa lebih dekat menjangkau masyarakat yang terkena musibah. Kita daratkan di lokasi pemberian bantuan sehingga barang-barang yang didistribusikan itu tidak rusak. kita akan usahakan heli bisa terbang difokuskan ke titik lokasi yang benar-benar terisolir,” ujarnya.

Sebelumnya Banjir dan tanah longsor melanda kawasan Desa Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah di pertengahan Januari 2021.

Tak hanya meluluhlantakan sejumlah desa, namun juga menelan korban jiwa . Warga Hantakan yang mayoritas Komunitas adat Dayak Meratus termasuk yang paling terdampak.

Bantuan kegawat-daruratan dan logistik pun sempat terhambat, karena akses menuju desa hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa jam.

(eva/eva)

Share this article

Recent posts

Pebalap Indonesia Dapat Poin di GP Prancis, Ini Kata Ketua MPR

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengaku bangga terhadap kerja keras pebalap muda Indonesia, Andi Farid Izdihar atau Andi Gilang. Pasalnya, Andi sukses meraih 1 poin usai finis di posisi 15 Moto3 GP Prancis 2021 di Sirkuit Le Mans.

Skema Untuk Memenangkan Lotre – Bermimpi Besar, Mudah Bermimpi!

Tiket Data HK dengan diperoleh dengan kebiasaan ini biasanya bernilai jauh lebih permulaan daripada nilai pertemuan. Ini akan menghasilkan peluang Anda guna...

Polisi Kaji Peniadaan Jalur Sepeda Permanen, DKI Pastikan Tetap Lanjut

Polisi mengkaji peniadaan jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebut pembangunan jalur sepeda akan terus berlanjut. "Jalur sepeda tetap akan dilanjutkan pembangunannya," ujar Syafrin, di pos pemeriksaan Tol Jakarta-Cikampek Km 34, Bekasi, Minggu (16/5/2021).

Kesukaan Hiburan untuk Celah Permainan Anda

Kemasyhuran besar pool Hong Kong telah menciptakan industri yang maju pesat. Tidak ada tempat lain dalam dunia ini yang memiliki olahraga setenar...

Jawaban Lotere – Tumpuan dan Fakta Lazim Tentang Lotere

Jagat selalu menjadi produk lotere; kebanyakan orang2 akan dengan mudah mengakui bahwa tersebut pernah ingin memenangkan lotre pada satu waktu atau yang...

Popular categories

Recent comments