TNI Kerahkan Helikopter untuk Kirim Logistik ke Desa Datar Ajab Kalsel

-

Hulu Sungai Tengah

Satu unit Helikopter TNI dikerahkan untuk mengirim logistik ke lokasi banjir dan longsor di Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Pengiriman dengan helikopter ini dikarenakan akses darat yang sulit dilalui.

Komandan Korem 101 Antasari Brigjen Firmansyah mengatakan bantuan yang dikirim dipusatkan ke kawasan terdampak langsung banjir bandang dan longsor. Pengiriman dilakukan dalam dua kali perjalanan setiap harinya.

“Ini merupakan bantuan kemanusiaan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) untuk korban banjir Kalsel, terutama masyarakat Desa Datar Ajab di Kecamatan Hantakan. Karena sulitnya akses kendaraan menuju lokasi desa Datar Ajab dan sekitarnya karena kondisi medan akibat tanah longsor, sehingga pengiriman logistik pun dilakukan dengan menggunakan heli TNI AD,” kata Antasari kepada wartawan, Rabu (27/01/2021).

Antasari mengatakan bantuan logistik itu diberikan langsung ke daerah yang terisolir. Helikopter didaratkan langsung ke tempat yang aman sehingga barang-barang yang dikirim tidak rusak.

“Ini merupakan salah satu upaya dari negara untuk bisa lebih dekat menjangkau masyarakat yang terkena musibah. Kita daratkan di lokasi pemberian bantuan sehingga barang-barang yang didistribusikan itu tidak rusak. kita akan usahakan heli bisa terbang difokuskan ke titik lokasi yang benar-benar terisolir,” ujarnya.

Sebelumnya Banjir dan tanah longsor melanda kawasan Desa Ajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah di pertengahan Januari 2021.

Tak hanya meluluhlantakan sejumlah desa, namun juga menelan korban jiwa . Warga Hantakan yang mayoritas Komunitas adat Dayak Meratus termasuk yang paling terdampak.

Bantuan kegawat-daruratan dan logistik pun sempat terhambat, karena akses menuju desa hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa jam.

(eva/eva)

Share this article

Recent posts

Wagub DKI Minta Sanksi Lebih Berat Bagi Kafe-Resto Nakal Pelanggar Prokes

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyoroti tempat usaha nakal yang melanggar aturan protokol kesehatan (prokes) COVID-19. Ia meminta penerapan sanksi lebih berat bagi pelanggar prokes terutama di masa PPKM Mikro ini.

Bagaimana Cara Bermain Lotto Dengan Tiket Lotere?

Lotto sangat ternama di seluruh jagat dan ini melepaskan peluang yang tidak terhitung banyaknya menurut pemain lotere di seluruh dunia. Jumlah orang...

Bagaimana Cara Membeli Tiket Lotto Menggunakan Kartu Kredit Anda?

Apakah Anda mencari situs lotere online terkemuka? Paito sgp , bacalah artikel ini secara cermat untuk mengarifi apa yang dapat Anda...

Segala sesuatu Itu Lotere Kanada dan Bagaimana Jalan Kerjanya?

Lotre adalah permainan keberuntungan namun juga merupakan produk keterampilan sejak asal. Game ini sudah biasa ada selama beribu-ribu tahun. Faktanya, orang Cina...

Sita 18 Unit Kamar Apartemen, Kejagung Perdalam Kerja Sama Benny-Tan Kian

Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita 18 unit kamar di Apartemen South Hill milik tersangka Asabri, Benny Tjokrosaputro. Kejagung juga menyebut pembangunan apartemen itu ada kerja sama dengan Ketua KSO Duta Regency Karunia Metropolitan Properti, Tan Kian.

Popular categories

Recent comments