4 Relawan PMI Terpapar COVID Saat Bantu Korban Gempa di Mamuju

-

Jakarta

Empat orang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) terkonfirmasi positif COVID-19 saat membantu korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Mereka diduga terpapar saat menjalankan misi kemanusiaan tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Sekjen PMI Sudirman Said dalam diskusi daring ‘Darurat Cegah 1 Juta Penderita Covid-19 di Tanah Air’ yang digelar Lembaga Survei Kedai Kopi, Selasa (19/1/2021).

“Empat orang relawan kita di Mamuju terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Sudirman, Selasa (19/1/2021).

Keempat relawan PMI tersebut diduga terpapar dari pengungsi yang menempati rumah sakit lapangan khusus pasien COVID-19. Lokasinya memang tidak jauh dari posko PMI. Semuanya kini sudah mendapat penanganan dan menjalani isolasi mandiri.

Sudirman menyebut keempat relawan tersebut memang berisiko tinggi terpapar COVID-19 meski menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Menjadi relawan di tengah pandemi COVID-19 menurutnya memang menjadi tantangan besar.

“Memang yang tidak biasa bersamaan dengan COVID-19, itu beratnya bukan main,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Sudirman Said, solidaritas PMI dan relawan sangat luar biasa. Ketika terjadi bencana, tidak hanya di Sulbar namun seluruh Indonesia, semua langsung bergerak memberikan bantuan.

“Jadi solidaritas sebenarnya tinggi sekali, tinggal mungkin bagaimana kita menciptakan nuasanya ini waktunya membangun kembali persatuan dan krisis kemanusiaan ini ujian kita untuk mendorong ke arah sana,” ujarnya.

“Jadi memang sulit, memang menantang, tapi barangkali itu bagian dari kehidupan kawan-kawan di PMI. Saya sebagai pendatang baru di PMI sangat respect kepada mereka, tidak memikirkan risiko bagi dirinya, nyemplung-nyemplung saja, itu terjadi di banyak tempat,” sambungnya.

(bar/ibh)

Share this article

Recent posts

Nadiem Tegaskan Akan Basmi Tiga Hal dalam Sistem Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa pihaknya akan membasmi tiga hal dalam sistem pendidikan nasional. Ketiganya yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual.

Kebakaran di Toko Swalayan Cilandak Jaksel Padam, Tidak Ada Korban

Petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah berhasil memadamkan kebakaran di toko swalayan Cahaya, Jl Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Banjir Bandang, Pemkab Tetapkan Darurat Bencana Minahasa Tenggara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut), menetapkan status darurat bencana. Hal ini menyusul kejadian banjir bandang yang melanda dua kecamatan di daerah itu. "Melihat dampak dari banjir bandang ini, kami dari Pemkab Minahasa Tenggara menetapkan status darurat bencana," kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap seperti dilansir Antara, Selasa (21/9/2021).

8 Remaja yang Hendak Tawuran di Bogor Diamankan Polisi, Sajam Disita

Dua kelompok remaja yang menamai diri 'Win Family' dan 'Enjoy Italy' hendak tawuran pada Sabtu (19/9) malam di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Belum sempat beraksi, kedua kelompok tersebut dibekuk oleh Tim Jaguar Polres Metro Depok.

Bakamla RI Jelaskan Situasi Laut Natuna Utara Saat Ini

Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengungkap situasi Laut Natuna Utara saat ini. Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan situasi terkendali dan para pelayan tak perlu khawatir dalam berkativitas.

Popular categories

Recent comments