4 Relawan PMI Terpapar COVID Saat Bantu Korban Gempa di Mamuju

-

Jakarta

Empat orang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) terkonfirmasi positif COVID-19 saat membantu korban gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Mereka diduga terpapar saat menjalankan misi kemanusiaan tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Sekjen PMI Sudirman Said dalam diskusi daring ‘Darurat Cegah 1 Juta Penderita Covid-19 di Tanah Air’ yang digelar Lembaga Survei Kedai Kopi, Selasa (19/1/2021).

“Empat orang relawan kita di Mamuju terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Sudirman, Selasa (19/1/2021).

Keempat relawan PMI tersebut diduga terpapar dari pengungsi yang menempati rumah sakit lapangan khusus pasien COVID-19. Lokasinya memang tidak jauh dari posko PMI. Semuanya kini sudah mendapat penanganan dan menjalani isolasi mandiri.

Sudirman menyebut keempat relawan tersebut memang berisiko tinggi terpapar COVID-19 meski menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Menjadi relawan di tengah pandemi COVID-19 menurutnya memang menjadi tantangan besar.

“Memang yang tidak biasa bersamaan dengan COVID-19, itu beratnya bukan main,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Sudirman Said, solidaritas PMI dan relawan sangat luar biasa. Ketika terjadi bencana, tidak hanya di Sulbar namun seluruh Indonesia, semua langsung bergerak memberikan bantuan.

“Jadi solidaritas sebenarnya tinggi sekali, tinggal mungkin bagaimana kita menciptakan nuasanya ini waktunya membangun kembali persatuan dan krisis kemanusiaan ini ujian kita untuk mendorong ke arah sana,” ujarnya.

“Jadi memang sulit, memang menantang, tapi barangkali itu bagian dari kehidupan kawan-kawan di PMI. Saya sebagai pendatang baru di PMI sangat respect kepada mereka, tidak memikirkan risiko bagi dirinya, nyemplung-nyemplung saja, itu terjadi di banyak tempat,” sambungnya.

(bar/ibh)

Share this article

Recent posts

Panglima TNI-Kapolri Sidak ke 3 Titik di DKI, Minta PPKM Mikro Diperkuat

Menkes Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tiga lokasi di wilayah DKI Jakarta terkait PPKM Mikro. Ketiga pos PPKM Mikro yang mereka tinjau berada di Kelurahan Jagakarsa, Jaksel; Kelurahan Pondok Kelapa, Jaktim; dan Kelurahan Cengkareng Timur, Jakbar.

Pengumuman! 8 Ruas Jalan di Palembang Bakal Disekat Mulai Malam Ini

Kasus Corona di Sumatera Selatan (Sumsel) semakin melonjak. Polisi pun mulai menerapkan pembatasan mobilitas di sejumlah ruas jalan di Palembang. Data yang diterima detikcom, total kasus Corona di Sumsel per Selasa (22/6/2021) mencapai 27.381. Kemarin tambahan kasus Corona di Jakarta sebanyak 150. Sementara total kasus sembuh ada 24.643 pasien dan akumulasi kasus meninggal ada 1.384…

Sakit Hati Usai Saling Ejek, Seorang Pria di Sumut Bunuh Rekan Kerjanya

Polisi menangkap seorang pria berinisial Z (27) di Sumatera Utara. Pria ini diduga telah membunuh rekan kerjanya. Z adalah warga Jl Veteran, Kecamatan Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Dia membunuh rekannya pada Sabtu (19/6/2021) kemarin.

Corona RI Tembus 2 Juta, Hanya Maluku yang Nihil Kasus Baru

Akumulasi kasus positif virus Corona (COVID-19) melonjak menjadi 2 juta kasus. Dari penambahan 14.536 kasus hari ini, hanya Maluku yang nihil penambahan kasus positif. Informasi tersebut dapat dilihat dari data yang dibagikan oleh BNPB pada Senin (21/6/2021). Di Maluku, pada 20 Juni 2021, jumlah kasus positif sebanyak 8.057 kasus. Dengan begitu, kasus di Maluku tetap…

Kerap Palak Warga, 3 Preman Berkedok Polisi di Makassar Diringkus

Polisi menangkap tiga preman di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang kerap memalak warga. Saat memalak, pelaku kerap memakai identitas polisi untuk meyakinkan para korbannya. "Personil tim 2 Thunder dan Patmor Unit 3 Turjawali Dit Samapta Polda Sulsel melakukan penangkapan 3 orang pelaku aksi premanisme berupa pemalakan dan pemerasan terhadap pedagang kaki lima, hotel dan pedagang…

Popular categories

Recent comments