Tolak Warganya Di-rapid Antigen, Kades di Probolinggo Minta Maaf

-

Probolinggo

Satgas COVID-19 Kabupaten Probolinggo turun tangan setelah video pejabat pemerintahan desa di Probolinggo menolak kedatangan petugas saat akan melakukan rapid test terhadap masyarakat. Setelah didatangi, Kepala Desa Banjar Sawah, Tegal Siwalah meminta maaf atas pernyataannya.

“Setelah adanya video statemen dari Kepala Desa Banjar Sawah, mengajak masyarakatnya untuk menolak di-rapid antigen, petugas dari penegakan hukum Satgas COVID-19 Kabupaten Probolinggo, bersama tim dari Satgas COVID-19 Kecamatan Tegal Siwalan, mendatangi untuk mengklarifikasi dan kebenaran video tersebut,” Koordinator Gakkum Satgas COVID- 19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto, saat dikonfirmasi, Jumat (15/1/2021).

“Dan hasilnya pihaknya melakukan permintaan maaf atas vidio dibuatnya” imbuhnya.

Video yang beredar luas di medsos dan pesan berantai itu menuai polemik. Apalagi saat ini Satgas COVID-19 sedang berupaya memutus rantai penyebaran Corona.

Irwanto mengatakan setelah diklarifikasi, Kepala Desa Banjar tidak menolak program rapid antigen. Dan, bersedia menjadi orang pertama yang di-rapid antigen.

“Hasil dari klarifikasi petugas Penegakan Hukum Satgas COVID- 19, bersama Satgas COVID- 19 Kecamatan Tegal Siwalan, Kepala Desa Banjar Sawah dan perangkatnya, meminta maaf atas video yang dibuatnya, dan tidak ada sedikitpun menolak program tes rapid antigen untuk warga desanya, dan siap orang pertama di-rapid antigen” tegas Irwanto.

Perlu diketahui Desa Banjar Sawah sendiri masuk zona merah penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Probolinggo. Guna mengantisipasi penyebaran meluas, rencananya besok, di Desa Banjar Sawah akan dilakukan tes swab antigen massal.

Hingga saat ini total orang terpapar data Dinkes setempat, total sudah 2.457 orang terpapar COVID- 19, yang masih di rawat 265,sembuh 2071, dan meninggal dunia sudah 121 orang.

Sebelumnya, Video berdurasi 2 menit 5 detik itu disebut terjadi di Desa Banjar Sawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, Jatim.

“Dalam rekaman Kepala Desa Banjar Sawah dan perangkatnya direkam di kantor desa setempat, dengan menggunakan bahasa Madura, nekah bedeh kaber bedeh petugas toron ke desa untuk rapid antigen atau okeran elong, derih kauleh sobung perintah, kauleh menolak petugas melakukan rapid antigen atau okeran elong ke masyarakat, mon bedeh petugas deteng apereksah rapid antigen atau okeran elaong dulih telepon kauleh kauleh siap 24 jam, kauleh siap ajeget tang rakya, seh penting masyarakat mon keluarah bungkoh ngangguy masker dan torok protokol kesehatan” ujar Kepala Desa Banjar Sawah, M Saleh, dalam pernyataan di video yang viral ini seperti dilihat, Jumat (15/1/2021).

Pernyataan tersebut punya arti: ada kabar kalau rencananya petugas akan melakukan pemeriksaan rapid antigen atau masukkan alat ke hidung. Kami selaku kepala desa menolak rakyat saya untuk di-rapid test antigen, dan saya belum memberi izin. Jika ada petugas datang untuk melakukan rapid antigen atau masukkan alat ke dalam hidung, tolong telepon saya. Saya siap 24 jam untuk melindungi rakyatnya. Yang penting masyarakat kalau keluar rumah atau bepergian pakai masker dan patuhi protokol kesehatan.

Dia mengatakan menolak petugas Satgas COVID-19 karena warganya panik dan datang ke rumahnya. Dia mengatakan akan meminta petugas Satgas COVID-19 datang ke kantor desa terlebih dulu.

(idn/idn)

Share this article

Recent posts

Viral Ambulans Dihalang-halangi Sedan di Tangsel, Polisi Selidiki

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan ambulans yang sedang melintas dihalang-halangi oleh mobil sedan. Peristiwa itu disebut-sebut terjadi di Pamulang, Tangerang Selatan. Dalam video tersebut, tampak sebuah mobil sedan berwarna biru tua melaju di jalur sebelah kanan jalan dan menghalangi ambulans. Mobil itu pun tampak tidak mengerem maupun mengurangi kecepatan.

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

Popular categories

Recent comments