Bio Farma Luruskan Hoax soal Sinovac: Kemasan hingga Sel Vero

-

Jakarta

Bio Farma meluruskan sederet hoax soal vaksin Corona dari Sinovac yang akan digunakan di Indonesia. Salah satunya adalah tentang unggahan yang mempersoalkan tulisan ‘clinical trial’ di kemasan vaksin Sinovac.

“Pemberitaan yang menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 yang akan digunakan adalah vaksin untuk uji klinis atau only for clinical trial sebagaimana yang tertulis pada kemasan vaksin adalah tidak benar,” kata Juru Bicara Vaksin COVID-19 PT Bio Farma Bambang Herianto, dalam konferensi pers Update Target Penyelesaian Vaksinasi dan Kesiapan Vaksin COVID-19, Minggu (3/1/2020).

Bambang menjelaskan bahwa 3 juta dosis Vaksin Sinovac yang telah tiba di Indonesia telah dalam bentuk kemasan dosis tunggal. Menurutnya, seluruh vaksin disimpan di fasilitas penyimpanan khusus milik Bio Farma dengan suhu sesuai dengan persyaratan dan spesifikasi vaksinnya yakni antara 2-8 derajat Celcius.

“Juga telah dilakukan serangkaian pengujian mutu baik yang dilakukan oleh PT Bio Farma sendiri maupun oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau badan POM,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, pengujian dilakukan dalam rangka menjaga kualitas dan keamanan produk vaksin agar terjamin mulai dari proses produksinya, sampai didistribusikan. Bambang memastikan vaksin hanya akan digunakan untuk program vaksinasi setelah ada persetujuan penggunaan darurat yang dikeluarkan oleh BPOM.

“Bukan sebagai vaksin untuk uji klinis. Jadi vaksin COVID-19 yang saat ini sudah berada di Bio Farma dan akan digunakan untuk program vaksinasi nantinya, akan menggunakan vaksin yang telah mendapat izin penggunaan dari Badan POM. Sehingga kemasannya pun akan berbeda dengan vaksin yang digunakan untuk keperluan uji klinis,” jelasnya.

Share this article

Recent posts

Citation Needed – Betting Online Dan Sistem Citation Needed

Berspekulasi pada kuda ialah salah satu tips paling populer untuk bertaruh pada pacuan kuda. Pacuan pion adalah olahraga dengan sangat mengasyikkan. Taruhan...

BMKG Ungkap 6 Faktor Pemicu Curah Hujan Ekstrem hingga Februari di RI

BMKG mengungkapkan enam faktor terjadinya curah hujan ekstrem di beberapa wilayah Indonesia pada bulan Januari hingga Februari. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan beberapa faktor tersebut adanya la lina hingga fenomena angin monsun Asia.

Cari Tiket Lotto Kamu Secara Online

Satu diantara cara terbaik & paling nyaman guna bermain lotre merupakan dengan memainkannya dengan online, dan kebijakan deklarasi online Singapore Pool menawarkan...

Ortu Ungkap Ada 5 Siswi Nonmuslim Lain yang Diminta Berjilbab di Padang

Video adu argumen antara orang tua siswi nonmuslim dengan pihak SMK Negeri 2 Padang yang diminta memakai kerudung atau jilbab viral di media sosial. Orang tua siswa itu, Elianu Hia menyebut tindakan sekolah tersebut melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Sopir Injak Pedal Gas Saat Parkir, Minubus di Makassar Terjun Bebas ke Kanal

Sebuah minibus yang dikemudikan Ramli (65) di Kota Makassar terjun bebas ke dalam sebuah kanal. Sebab, Ramli lalai dengan menginjak pedal gas saat mobilnya tengah terparkir. "Diduga Pengemudi roda empat pada saat parkir dan menghidupkan mesin tidak sengaja menginjak gas dalam posisi masuk persneling," kata Kapala Bagian Ops, KBO Sat Lalulintas Polrestabes Makassar, AKP Emy…

Popular categories

Recent comments