Kapal Pengangkut LPG Karam di Bangka, Pertamina Pastikan Stok Aman

-

Jakarta

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II memastikan ketersediaan stok dan distribusi LPG 3 kg di Belitung aman. Hal itu ditegaskan usai insiden tenggelamnya Kapal KM. Surya Bahari yang terjadi sekitar pukul 03.00 WIB, Senin (21/12) kemarin.

Kejadian tersebut terjadi di perairan Selat Bangka Tanjung Langkat, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. Kapal bermuatan tabung LPG 3 kg sebesar 9.520 Tabung (17 LO) diterpa badai dengan ketinggian gelombang 4-5 meter.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan menyampaikan terdapat 5 crew awak kapal dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut serta semua awak kapal selamat. Pertamina sudah berkoordinasi dengan pihak berwenang dalam menangani kasus tersebut.

“Saat ini Pertamina sudah berkoordinasi dengan stakeholder untuk mencari kapal dengan tonase lebih besar untuk mengangkut LPG 3 kg yang tersedia di Bangka,” ujar Umar dalam keterangan tertulis, Rabu (23/12/2020).

Ia juga menjelaskan untuk stok LPG 3 kg saat ini dalam kondisi aman. Stok LPG PSO 3 kg di Belitung sebesar 1.120 tabung dan di Belitung Timur sebesar 12.930. Sementara itu, untuk stok LPG Non PSO 12 kg adalah 2.703 tabung.

Lalu ketahanan stok LPG PSO Belitung bertahan selama 1 hari dan rencana besok akan ditambah sebagai plan emergency. Sementara di Belitung Timur stok bertahan 4 hari dan Ketahanan LPG Non PSO 12 kg 6 hari.

“Pertamina memerlukan dukungan dari berbagai pihak dan doa dari seluruh masyarakat untuk memastikan ketersediaan dan distribusi LPG 3 g sampai kepada masyarakat yang berhak menerima, yaitu rumah tangga pra sejahtera dan usaha mikro,” tutup Umar.

(akn/ega)

Share this article

Recent posts

Tolak Warganya Di-rapid Antigen, Kades di Probolinggo Minta Maaf

Satgas COVID-19 Kabupaten Probolinggo turun tangan setelah video pejabat pemerintahan desa di Probolinggo menolak kedatangan petugas saat akan melakukan rapid test terhadap masyarakat. Setelah didatangi, Kepala Desa Banjar Sawah, Tegal Siwalah meminta maaf atas pernyataannya.

LTMPT Undur Batas Masa Sanggah Kuota SNMPTN 2021 hingga 7 Februari

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengundurkan batas layanan masa sanggah dan perbaikan kuota SNMPTN 2021 menjadi 7 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, sekolah hanya bisa mengakses layanan tersebut hingga 15 Januari 2021.

Tiba di Soetta, Keluarga Korban Sriwijaya Air Dikawal Polisi Hingga RS Polri

Polres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengawal kedatangan rombongan keluarga korban jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Ada 2 kloter pesawat yang datang hari ini.

Black Box Sriwijaya Air SJ182 yang Ditemukan FDR

Black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 telah ditemukan. Black box yang ditemukan adalah perekam data penerbangan atau flight data recorder (FDR). "Seperti diketahui, FDR sudah ditemukan," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam jumpa pers di JICT, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Cemarkan Nama Anggota DPRD, Pendukung Gubernur Sulsel Divonis 4 Bulan Bui

Pendukung Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah, Chalifa Mansilya Angge (51) dihukum 4 bulan penjara. Chalifa dinyatakan terbukti bersalah melanggar UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) karena mencemarkan nama baik anggota DPRD Sulsel, Kadir Halid.

Popular categories

Recent comments