AS Janji Bela Filipina dalam Konflik, China Berang

-

Manila

Kedutaan Besar China di Filipina melontarkan kecaman terhadap Amerika Serikat (AS) setelah negara itu berjanji akan membela Filipina jika diserang dalam sengketa Laut China Selatan. Kedubes China menyebut AS ‘berbahaya’ dan hanya ‘menciptakan kekacauan’ di kawasan Asia.

Penasihat keamanan nasional AS, Robert O’Brien, dalam kunjungan ke Manila pada Senin (23/11) waktu setempat menegaskan komitmen AS untuk membela Filipina dalam sengketa di perairan Laut China Selatan, yang melibatkan China. Komitmen yang sama juga ditegaskan O’Brien untuk Taiwan dan Vietnam.

O’Brien menegaskan kepada Filipina, Taiwan dan Vietnam bahwa ‘kami mendukung Anda’. Seperti dilansir Reuters, Selasa (24/11/2020), Kedubes China di Filipina mengomentari pernyataan O’Brien tersebut dengan sindiran.

“Itu menunjukkan bahwa kunjungannya ke kawasan ini tidak untuk memajukan perdamaian dan stabilitas kawasan, tapi untuk menciptakan kekacauan di kawasan demi mewujudkan kepentingan egois AS,” demikian pernyataan Kedubes China di Filipina.

Ditegaskan Kedubes China dalam pernyataan tersebut bahwa AS harus ‘berhenti menghasut konfrontasi’ di Laut China Selatan dan berhenti mengomentari isu Taiwan juga Hong Kong.

“Berhenti melontarkan pernyataan tidak bertanggung jawab soal isu Taiwan dan Hong Kong, yang murni urusan dalam negara China,” tegas pernyataan tersebut.

Beberapa waktu lalu, O’Brien memperingatkan China bahwa negara itu akan menghadapi ‘serangan balik’ jika berupaya menggunakan kekuatan militer untuk memaksa Taiwan, yang masih dianggap sebagai salah satu provinsi China yang tidak memiliki hak menjalin hubungan antarnegara.

Share this article

Recent posts

Citation Needed – Betting Online Dan Sistem Citation Needed

Berspekulasi pada kuda ialah salah satu tips paling populer untuk bertaruh pada pacuan kuda. Pacuan pion adalah olahraga dengan sangat mengasyikkan. Taruhan...

BMKG Ungkap 6 Faktor Pemicu Curah Hujan Ekstrem hingga Februari di RI

BMKG mengungkapkan enam faktor terjadinya curah hujan ekstrem di beberapa wilayah Indonesia pada bulan Januari hingga Februari. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan beberapa faktor tersebut adanya la lina hingga fenomena angin monsun Asia.

Cari Tiket Lotto Kamu Secara Online

Satu diantara cara terbaik & paling nyaman guna bermain lotre merupakan dengan memainkannya dengan online, dan kebijakan deklarasi online Singapore Pool menawarkan...

Ortu Ungkap Ada 5 Siswi Nonmuslim Lain yang Diminta Berjilbab di Padang

Video adu argumen antara orang tua siswi nonmuslim dengan pihak SMK Negeri 2 Padang yang diminta memakai kerudung atau jilbab viral di media sosial. Orang tua siswa itu, Elianu Hia menyebut tindakan sekolah tersebut melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Sopir Injak Pedal Gas Saat Parkir, Minubus di Makassar Terjun Bebas ke Kanal

Sebuah minibus yang dikemudikan Ramli (65) di Kota Makassar terjun bebas ke dalam sebuah kanal. Sebab, Ramli lalai dengan menginjak pedal gas saat mobilnya tengah terparkir. "Diduga Pengemudi roda empat pada saat parkir dan menghidupkan mesin tidak sengaja menginjak gas dalam posisi masuk persneling," kata Kapala Bagian Ops, KBO Sat Lalulintas Polrestabes Makassar, AKP Emy…

Popular categories

Recent comments