Media China: Kemenangan Biden Buka Pintu untuk Tingkatkan Hubungan AS-China

-

Beijing

Media nasional China memberikan nada optimis dalam reaksinya terhadap kemenangan Joe Biden dalam pilpres Amerika Serikat (AS) 2020. Disebutkan bahwa hubungan China dan AS dapat dipulihkan ke kondisi yang lebih dapat diprediksi, yang diawali dengan perdagangan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (9/11/2020), meskipun mengakui AS kecil kemungkinan akan mengurangi tekanan terhadap China terkait sejumlah isu seperti Xinjiang dan Hong Kong, surat kabar nasional Global Times menyatakan bahwa China harus berupaya berkomunikasi dengan tim Biden dengan sebaik mungkin.

Pemerintahan Presiden Donald Trump secara sengaja memicu ketegangan dalam hubungan China dan AS, terutama setelah mengadopsi strategi menekan China, yang menyebabkan munculnya ‘gelembung’ dalam kebijakan China-AS.

“Kita yakin bisa memecahkan gelembung-gelembung itu,” sebut Global Times dalam editorialnya. “Ini adalah kepentingan bersama bagi rakyat kedua negara dan bagi komunitas internasional bahwa hubungan China-AS bisa diredakan dan terkendali,” imbuh editorial tersebut.

Global Times merupakan tabloid yang dirilis People’s Daily, surat kabar resmi Partai Komunis China. Namun surat kabar ini tidak mewakili partai dan pemerintah China secara resmi.

Dalam editorial terpisah, China Daily menyatakan bahwa ‘jelas’ peningkatan hubungan dengan China dan AS bisa dimulai dari perdagangan, dan menghidupkan kembali perundingan dagang yang penting untuk pemulihan beberapa kesepahaman dan kepercayaan dalam hubungan kedua negara.

“Ini adalah salah satu jalinan terakhir yang menghubungkan kedua pihak. Perlu dicatat bahwa baik Beijing maupun Washington tidak mau mengambil risiko untuk menghapus kesepakatan fase satu yang dirundingkan dengan susah payah,” sebut China Daily yang merupakan surat kabar berbahasa Inggris ini.

Share this article

Recent posts

Pebalap Indonesia Dapat Poin di GP Prancis, Ini Kata Ketua MPR

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengaku bangga terhadap kerja keras pebalap muda Indonesia, Andi Farid Izdihar atau Andi Gilang. Pasalnya, Andi sukses meraih 1 poin usai finis di posisi 15 Moto3 GP Prancis 2021 di Sirkuit Le Mans.

Skema Untuk Memenangkan Lotre – Bermimpi Besar, Mudah Bermimpi!

Tiket Data HK dengan diperoleh dengan kebiasaan ini biasanya bernilai jauh lebih permulaan daripada nilai pertemuan. Ini akan menghasilkan peluang Anda guna...

Polisi Kaji Peniadaan Jalur Sepeda Permanen, DKI Pastikan Tetap Lanjut

Polisi mengkaji peniadaan jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebut pembangunan jalur sepeda akan terus berlanjut. "Jalur sepeda tetap akan dilanjutkan pembangunannya," ujar Syafrin, di pos pemeriksaan Tol Jakarta-Cikampek Km 34, Bekasi, Minggu (16/5/2021).

Kesukaan Hiburan untuk Celah Permainan Anda

Kemasyhuran besar pool Hong Kong telah menciptakan industri yang maju pesat. Tidak ada tempat lain dalam dunia ini yang memiliki olahraga setenar...

Jawaban Lotere – Tumpuan dan Fakta Lazim Tentang Lotere

Jagat selalu menjadi produk lotere; kebanyakan orang2 akan dengan mudah mengakui bahwa tersebut pernah ingin memenangkan lotre pada satu waktu atau yang...

Popular categories

Recent comments