Media China: Kemenangan Biden Buka Pintu untuk Tingkatkan Hubungan AS-China

-

Beijing

Media nasional China memberikan nada optimis dalam reaksinya terhadap kemenangan Joe Biden dalam pilpres Amerika Serikat (AS) 2020. Disebutkan bahwa hubungan China dan AS dapat dipulihkan ke kondisi yang lebih dapat diprediksi, yang diawali dengan perdagangan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (9/11/2020), meskipun mengakui AS kecil kemungkinan akan mengurangi tekanan terhadap China terkait sejumlah isu seperti Xinjiang dan Hong Kong, surat kabar nasional Global Times menyatakan bahwa China harus berupaya berkomunikasi dengan tim Biden dengan sebaik mungkin.

Pemerintahan Presiden Donald Trump secara sengaja memicu ketegangan dalam hubungan China dan AS, terutama setelah mengadopsi strategi menekan China, yang menyebabkan munculnya ‘gelembung’ dalam kebijakan China-AS.

“Kita yakin bisa memecahkan gelembung-gelembung itu,” sebut Global Times dalam editorialnya. “Ini adalah kepentingan bersama bagi rakyat kedua negara dan bagi komunitas internasional bahwa hubungan China-AS bisa diredakan dan terkendali,” imbuh editorial tersebut.

Global Times merupakan tabloid yang dirilis People’s Daily, surat kabar resmi Partai Komunis China. Namun surat kabar ini tidak mewakili partai dan pemerintah China secara resmi.

Dalam editorial terpisah, China Daily menyatakan bahwa ‘jelas’ peningkatan hubungan dengan China dan AS bisa dimulai dari perdagangan, dan menghidupkan kembali perundingan dagang yang penting untuk pemulihan beberapa kesepahaman dan kepercayaan dalam hubungan kedua negara.

“Ini adalah salah satu jalinan terakhir yang menghubungkan kedua pihak. Perlu dicatat bahwa baik Beijing maupun Washington tidak mau mengambil risiko untuk menghapus kesepakatan fase satu yang dirundingkan dengan susah payah,” sebut China Daily yang merupakan surat kabar berbahasa Inggris ini.

Share this article

Recent posts

Viral Ambulans Dihalang-halangi Sedan di Tangsel, Polisi Selidiki

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan ambulans yang sedang melintas dihalang-halangi oleh mobil sedan. Peristiwa itu disebut-sebut terjadi di Pamulang, Tangerang Selatan. Dalam video tersebut, tampak sebuah mobil sedan berwarna biru tua melaju di jalur sebelah kanan jalan dan menghalangi ambulans. Mobil itu pun tampak tidak mengerem maupun mengurangi kecepatan.

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

Popular categories

Recent comments