Media China: Kemenangan Biden Buka Pintu untuk Tingkatkan Hubungan AS-China

-

Beijing

Media nasional China memberikan nada optimis dalam reaksinya terhadap kemenangan Joe Biden dalam pilpres Amerika Serikat (AS) 2020. Disebutkan bahwa hubungan China dan AS dapat dipulihkan ke kondisi yang lebih dapat diprediksi, yang diawali dengan perdagangan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (9/11/2020), meskipun mengakui AS kecil kemungkinan akan mengurangi tekanan terhadap China terkait sejumlah isu seperti Xinjiang dan Hong Kong, surat kabar nasional Global Times menyatakan bahwa China harus berupaya berkomunikasi dengan tim Biden dengan sebaik mungkin.

Pemerintahan Presiden Donald Trump secara sengaja memicu ketegangan dalam hubungan China dan AS, terutama setelah mengadopsi strategi menekan China, yang menyebabkan munculnya ‘gelembung’ dalam kebijakan China-AS.

“Kita yakin bisa memecahkan gelembung-gelembung itu,” sebut Global Times dalam editorialnya. “Ini adalah kepentingan bersama bagi rakyat kedua negara dan bagi komunitas internasional bahwa hubungan China-AS bisa diredakan dan terkendali,” imbuh editorial tersebut.

Global Times merupakan tabloid yang dirilis People’s Daily, surat kabar resmi Partai Komunis China. Namun surat kabar ini tidak mewakili partai dan pemerintah China secara resmi.

Dalam editorial terpisah, China Daily menyatakan bahwa ‘jelas’ peningkatan hubungan dengan China dan AS bisa dimulai dari perdagangan, dan menghidupkan kembali perundingan dagang yang penting untuk pemulihan beberapa kesepahaman dan kepercayaan dalam hubungan kedua negara.

“Ini adalah salah satu jalinan terakhir yang menghubungkan kedua pihak. Perlu dicatat bahwa baik Beijing maupun Washington tidak mau mengambil risiko untuk menghapus kesepakatan fase satu yang dirundingkan dengan susah payah,” sebut China Daily yang merupakan surat kabar berbahasa Inggris ini.

Share this article

Recent posts

Wagub DKI Minta Sanksi Lebih Berat Bagi Kafe-Resto Nakal Pelanggar Prokes

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyoroti tempat usaha nakal yang melanggar aturan protokol kesehatan (prokes) COVID-19. Ia meminta penerapan sanksi lebih berat bagi pelanggar prokes terutama di masa PPKM Mikro ini.

Bagaimana Cara Bermain Lotto Dengan Tiket Lotere?

Lotto sangat ternama di seluruh jagat dan ini melepaskan peluang yang tidak terhitung banyaknya menurut pemain lotere di seluruh dunia. Jumlah orang...

Bagaimana Cara Membeli Tiket Lotto Menggunakan Kartu Kredit Anda?

Apakah Anda mencari situs lotere online terkemuka? Paito sgp , bacalah artikel ini secara cermat untuk mengarifi apa yang dapat Anda...

Segala sesuatu Itu Lotere Kanada dan Bagaimana Jalan Kerjanya?

Lotre adalah permainan keberuntungan namun juga merupakan produk keterampilan sejak asal. Game ini sudah biasa ada selama beribu-ribu tahun. Faktanya, orang Cina...

Sita 18 Unit Kamar Apartemen, Kejagung Perdalam Kerja Sama Benny-Tan Kian

Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita 18 unit kamar di Apartemen South Hill milik tersangka Asabri, Benny Tjokrosaputro. Kejagung juga menyebut pembangunan apartemen itu ada kerja sama dengan Ketua KSO Duta Regency Karunia Metropolitan Properti, Tan Kian.

Popular categories

Recent comments