Trump Sementara Unggul di Pennsylvania yang Bisa Jadi Penentu

-

Pennsylvania

Negara bagian Pennsylvania di Amerika Serikat (AS) akan menjadi salah satu penentu dalam pilpres tahun ini. Hingga kini, penghitungan suara di negara bagian yang merupakan swing states ini terus dilakukan dan belum akan selesai hingga Rabu (4/11) dini hari waktu AS.

Seperti dilansir CNN, Rabu (4/11/2020), Pennsylvania bersama Wisconsin dan Michigan akan menjadi negara bagian krusial bagi kedua capres. Dikenal dengan sebutan ‘blue wall’, ketiga negara bagian ini dilaporkan masih melakukan penghitungan untuk suara awal atau early votes — dari pemungutan suara awal via pos.

Data penghitungan sementara dari CNN dan New York Times (NYT) menunjukkan Presiden Donald Trump unggul sementara di Pennsylvania dengan 56,2 persen suara melawan Joe Biden dengan 42,4 persen suara — total baru 71 persen total suara yang masuk.

Data penghitungan sementara dari ABC News menunjukkan Trump unggul dengan 56 persen suara melawan Biden dengan 42 persen suara — total 71 persen suara yang telah masuk.

Jumlah 20 electoral votes yang dimiliki negara bagian Pennsylvania akan bisa memberikan dorongan yang diperlukan bagi salah satu capres untuk bisa segera mencapai ambang batas 270 electoral votes agar bisa memenangkan pilpres.

Dalam konferensi pers, Sekretaris Negara Bagian Pennsylvania, Kathy Boockvar, menyatakan proses penghitungan suara di negara bagiannya akan memakan waktu lebih lama dari yang lain. Diketahui bahwa negara bagian ini masih melakukan penghitungan untuk surat suara via pos yang jumlahnya memecahkan rekor.

“Kita perlu bersabar dan Anda juga perlu bersiap-siap untuk total suara yang akan masuk dalam semalam secara tiba-tiba,” demikian pernyataan dilaporkan wartawan CNN, Sara Murray, dari Harrisburg, Pennsylvania, mengutip pernyataan Boockvar kepada awak media.

“Ada banyak suara luar biasa di negara bagian Keystone ini dan ini bukan proses yang berjalan sangat cepat,” tutur Murray dalam laporannya. “Kita tahu ada banyak distrik besar, Philadelphia County, Bucks County, Chester County … mereka terus menghitung sepanjang malam,” imbuhnya.

Dalam pernyataan terpisah, analis politik CNN, David Chalian, menilai bahwa surat suara via pos yang diberikan saat early voting akan menguntungkan Biden. Diperkirakan bahwa keunggulan Trump di Pennsylvania bisa menyusut seiring bertambahnya jumlah suara early voting yang masuk.

“Kita tahu Joe Biden jauh lebih baik dalam early voting,” sebutnya. “Kita harus menunggu untuk melibat suara awal via pos masuk dan dihitung,” imbuh Chailan.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

AS Janji Bela Filipina dalam Konflik, China Berang

Kedutaan Besar China di Filipina melontarkan kecaman terhadap AS setelah negara itu berjanji membela Filipina jika diserang dalam sengketa Laut China Selatan.

Ada Kasus Corona di Bandara Shanghai, Puluhan Ribu Staf Dites Massal

Puluhan ribu staf di bandara Shanghai, China, menjalani tes virus Corona (COVID-19) secara massal setelah terdeteksi wabah kecil di kalangan pegawainya.

Rentetan Serangan Roket di Afghanistan di Tengah Perundingan Damai

Rentetan serangan roket menghantam wilayah Kabul bagian tengah di Afghanistan. Serangan dilancarkan ketika perundingan damai sedang dalam proses.

Kembali Cetak Rekor Tertinggi, AS Catat 195 Ribu Kasus Corona Sehari

AS mencatat lebih dari 195 ribu kasus virus Corona (COVID-19) dalam 24 jam terakhir. Angka ini mencetak rekor baru untuk lonjakan kasus tertinggi dalam sehari.

Coba Bocorkan Rahasia Militer ke CIA, Pria Rusia Dibui 13 Tahun

Pengadilan Rusia menjatuhi vonis 13 tahun penjara terhadap seorang warganya yang berupaya membocorkan rahasia militer kepada CIA.

Popular categories

Recent comments