Pilpres AS di 2 Kota New Hampshire Telah Dimulai, Siapa yang Menang?

-

New Hampshire

Dua kota kecil di wilayah New Hampshire, Amerika Serikat (AS), memulai pemungutan suara untuk pemilihan presiden (pilpres) sesaat usai tengah malam. Hal ini telah menjadi tradisi selama 60 tahun terakhir di wilayah tersebut.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (3/11/2020), kota Dixville Notch dan Millsfield memulai pemungutan suara sesaat setelah Senin (2/11) tengah malam, atau pada Selasa (3/11) dini hari waktu AS. Warga kedua kota kecil itu bahkan telah selesai menggunakan hak pilih mereka.

Hasilnya menunjukkan calon presiden (capres) dari Partai Demokrat, Joe Biden, meraup seluruh lima suara yang ada di kota Dixville Notch, yang terletak dekat perbatasan Kanada tersebut.

Sedangkan di kota Millsfield, yang berjarak 20 kilometer sebelah selatan Diville Notch, capres petahana, Presiden Donald Trump unggul dengan 16 suara sementara Biden meraih lima suara.

Biasanya, akan ada suplai makanan dan kehadiran awak media dalam jumlah besar di ruangan kecil untuk menyaksikan pemungutan suara di kedua kota kecil itu. Namun untuk tahun itu, suasananya berbeda dari biasanya akibat pandemi virus Corona (COVID-19).

Sulit juga untuk menggelar perayaan tradisi selama 60 tahun, yang dimulai sejak November 1960 silam ini. “Enam puluh tahun — dan sayangnya, kita tidak bisa merayakannya,” ucap moderator kota Dixville Notch, Tom Tillotson.

Kota ketiga di New Hampshire yang biasanya menggelar pemungutan suara pada tengah malam adalah Hart’s Location. Namun tahun ini, tradisi pemungutan suara tengah malam di Hart’s Location ditangguhkan karena pandemi Corona. Untuk pilpres tahun ini, kota Hart’s Location menggelar pemungutan suara mulai pukul 11.00 hingga 19.00 waktu setempat, pada Selasa (3/11) waktu AS.

Tradisi pemungutan suara tengah malam di New Hampshire ini bermula tahun 1948 untuk mengakomodasi para pekerja rel kereta api yang harus mulai bekerja sebelum jam pemungutan suara normal. Tradisi ini sempat berhenti tahun 1964 namun kembali dilakukan sejak tahun 1996 lalu.

(nvc/ita)

Share this article

Recent posts

Viral Ambulans Dihalang-halangi Sedan di Tangsel, Polisi Selidiki

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan ambulans yang sedang melintas dihalang-halangi oleh mobil sedan. Peristiwa itu disebut-sebut terjadi di Pamulang, Tangerang Selatan. Dalam video tersebut, tampak sebuah mobil sedan berwarna biru tua melaju di jalur sebelah kanan jalan dan menghalangi ambulans. Mobil itu pun tampak tidak mengerem maupun mengurangi kecepatan.

Pesta Ultah Seleb TikTok Juyyputri Berujung Denda Belasan Juta

Pesta ulang tahun (ultah) seleb TikTok Juyyputri saat PPKM berbuntut panjang. Juyyputri dan sejumlah pihak terkait harus bertanggungjawab dengan membayar denda hingga belasan juta. Acara pesta ulang tahun ke-18 Juyyputri itu digelar pada Rabu (21/7) di sebuah hotel di Kota Bekasi. Saat itu, PPKM Darurat di Jawa dan Bali masih diterapkan.

Dukung Jabar Provinsi Digital, bank bjb Akselerasi Penerapan ETPD

bank bjb turut mengakselerasi terwujudnya Jabar Digital Province atau Jawa Barat Provinsi Digital melalui penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).Dalam hal ini, bank bjb tengah berkolaborasi dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jabar. Upaya ini dilakukan untuk menetapkan arah kebijakan implementasi ETPD dan memastikan percepatan serta perluasan digitalisasi…

Gelar Pesta Ultah Saat PPKM, Seleb TikTok Juyy Putri Minta Maaf

Seleb TikTok Juyy Putri dihujani kritik karena menggelar pesta ulang tahun di masa PPKM darurat. Juyy Putri kemudian meminta maaf setelah video pesta ulang tahunnya viral di media sosial. "Assalamualaikum Wr. Wb. Jadi di video kali ini aku mau minta maaf kepada semuanya atas kecerobohan dan kelalaian aku mengadakan acara ulang tahun di saat PPKM…

Video Saat Mustang GT500 Terbakar di Pondok Indah

Mobil sport Mustang V8 terbakar di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, sore tadi. Api melahap hangus bodi mobil tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

Popular categories

Recent comments